1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Menopause Dini? Ini Penyebabnya

Biasanya menopause dialami oleh wanita berumur sekitar 50 tahunan. Namun bagaimana gejala ini dimulai pada usia 30 tahun?

By Dian Rosalina 2 Desember 2015 13:15
Ilustrasi Menopause (huffingtonpost.com)

Money.id - Menopause adalah suatu gejala yang dialami oleh semua wanita. Gejala tersebut didefinisikan sebagai keadaan tidak adanya periode menstruasi selama 12 bulan lamanya.

Banyak wanita yang panik ketika menopause muncul. Biasanya menopause dialami oleh wanita berumur sekitar 50 tahunan. Namun bagaimana gejala ini dimulai pada usia 30 tahun? Itu pastilah sangat menakutkan.

Dikutip dari Everyday Health, Rabu 2 Desember 2015, beberapa wanita yang mengalami menopause dini disebabkan oleh operasi menghilangkan ovarium. Operasi tersebut dilakukan karena adanya tanda-tanda munculnya kanker serviks.

Bahkan sekitar 90 persen kasus, wanita tidak mengetahui penyebabnya. "Pada dasarnya kotoran di ovarium keluar lebih awal," jelas Shawn Tassone, seorang Ob-gyn dari Intergratif Medicine di Austin.

Salah satu tanda utama terjadinya menopause adalah tidak teraturnya menstruasi selama empat bulan terakhir. Wanita yang mengalami POI atau lebih dikenal dengan ovarium prematur mungkin menghadapi banyak perubahan suasana hati dan libido yang rendah.

Bila mereka ingin memiliki anak, mungkin harus berjuang keras dan bisa menjadi tanda pertama ada sesuatu yang tidak benar.

Ada beberapa hal yang belum banyak diketahui oleh wanita, berikut adalah faktor-faktornya:

Faktor keluarga
Bila ibu, adik, atau nenek Anda mempunyai riwayat penyakit POI, mungkin itu menjadi salah satu penyebab mengapa Anda menopause dini. Penelitian yang dilakukan tahun 2011 menemukan bahwa 20 persen kasus menopause dini disebabkan oleh riwayat keluarga.

"Hal tersebut bisa saja datang dari riwayat kesehatan keluarga," ujar Tassone.

Kelainan genetik
FMR1 adalah gen yang menyebabkan sindrom Fragile X, yaitu bentuk dari gangguan intelektual. Bahkan jika Anda tidak memiliki sindrom tersebut, Anda bisa memiliki mutasi gen yang sama dan dapat menyebabkan masalah pada ovarium Anda.

Sindrom Turner
Sindrom Turner adalah penyakit keturunan akibat adanya kelainan kromosom seks yang hanya mempengaruhi wanita. Sindrom ini biasanya menyebabkan gangguan kesehatan dalam perkembangan fisik tinggi badan, gagal memulai masa puber, kemandulan, kelainan jantung, dan sulit mempelajari berbagai hal.

Gangguan autoimun
Gangguan ini adalah peradangan pada kelenjar tiroid yang memiliki hubungan dengan POI. Jadi yang memiliki penyakit Addison, dimana kelenjar adrenal tidak menghasilkan cukup hormon dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Mereka mungkin mulai menyerang ovarium Anda, dan menggangu kemampuan mereka untuk berfungsi.

Merokok
"Beberapa racun, seperti rokok dapat menyebabkan kegagalan ovarium prematur," kata Tassone. Paparan bahan kimia berbahaya diduga menyebabkan seorang wanita kehabisan folikel lebih awal.

Kemoterapi atau radiasi
Pengobatan kanker yang satu ini menyebabkan rusaknya materi genetik dalam sel ovarium. Tapi kerusakan tergantung pada berbagai faktor seperti jenis obat dan dosis radiasi, seperti usia saat pengobatan dan daerah yang dipancarkan sinar radiasi.

Beberapa wanita mungkin tidak memiliki POI hingga tahun-tahun setelah menjalani perawatan kanker. (ita)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section