1. HOME
  2. FRESH

Jika Ingin Tidur Nyenyak, Hindari 6 Makanan Ini

Padahal makanan tersebut menurut dokter dan ahli gizi termasuk dari jenis yang sehat.

By Desy Afrianti 29 November 2015 14:34
Pizza/Pinterest

Money.id - Terkadang kita sulit memejamkan mata di malam hari. Tidak jarang mengonsumsi camilan menjadi solusi.

Namun tahukah Anda, ternyata ada beberapa makanan yang justru dapat mempersulit tidur. Padahal makanan tersebut menurut dokter dan ahli gizi termasuk dari jenis yang sehat, mengandung berbagai vitamin dan gizi yang dibutuhkan tubuh.

Sementara tidur malam berkualitas sangat pentingnya dengan makan makanan yang sehat untuk menjaga kesehatan.

Bahkan salah satu penelitian terbaru menemukan bahwa tidur yang konsisten dan teratur akan menjaga berat badan.

Sedangkan penelitian lain menyebutkan kurang tidur menyebabkan orang membeli lebih banyak makanan dan kalori yang justru membuat kita sulit tidur.

Meski dianggap sehat, bahan makanan berikut harus dihindari saat akan tidur di malam hari seperti dikutip dari huffingtonpost, Minggu 29 November 2015.

1. Brokoli dan sejenisnya

 

Mungkin terdengar mengejutkan. Padahal brokoli dan sebangsanya seperti kol kembang sarat dengan phytochemical, vitamin, dan mineral yang terbukti membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami dan bahkan mencegah kanker.

Terlebih lagi, mereka bahkan mengandung asam amino tryptophan yang menginduksi tidur dan membantu tubuh memproduksi serotonin, yang mengatur tidur.

Namun, jenis sayuran ini juga sarat dengan serat yang tidak mudah dicerna, kata Elissa Goodman, ahli gizi holistik bersertifikat di Los Angeles.

"Jika Anda makan banyak serat yang tidak cepat larut mendekati waktu tidur, tubuh akan tetap bekerja untuk mencernanya saat Anda mencoba untuk tertidur. Hal ini mencegah Anda mendapatkan tidur yang optimal."

2. Saus tomat

(Saus tomat/Pinterest)

Saus tomat penuh dengan vitamin C, zat besi, dan lycopene, sebuah antioksidan yang telah terbukti ampuh mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan degenerasi makula.

Namun, saus tomat juga sangat asam, yang dapat menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan pada malam hari, kata Alissa Rumsey, ahli diet dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Untuk mencegah masalah tidur, jangan makan pizza atau pasta saat larut malam. "Dan pastikan Anda sudah makan makanan yang mengandung saus tomat minimal tiga jam sebelum tidur," kata Rumsey.

3. Cokelat hitam

(Cokelat hitam/Pinterest)

Para pecinta cokelat hitam mungkin merasa senang dalam beberapa tahun ini, berkat studi yang menunjukkan manfaat besar dari mengonsumsi bahan makanan yang kaya dengan kakao karena mengandung anti-oksidan.

Namun, mengonsumsi satu atau dua kotak cokelat hitam mungkin cara yang tidak sehat setelah makan malam.

Masalahnya, cokelat hitam akan membuat Anda kesulitan mendapatkan tidur nyenyak, karena mengandung kafein.

"Bahkan, beberapa jenis cokelat hitam mengandung seperempat dari jumlah kafein yang ditemukan dalam secangkir kopi standar," kata Rumsey.

Dan semakin gelap warna cokelat, semakin banyak kafein yang dikandungnya. "Cokelat hitam juga mengandung tyrosine, asam amino yang bisa sangat membuat kecanduan," ucap Rumsey.

4. Charcuterie (olahan dari daging)

(Olahan dari daging/Pinterest)

Olahan dari daging dan keju tua mungkin akan membuat piring pesta nampak indah, tetapi mengemil makanan ini mungkin membuat tidak bisa tidur, kata Rumsey.

"Keju tua dan daging asap mengandung tyramine, asam amino yang memicu pelepasan norepinefrin, stimulan yang membuat kita selalu waspada," katanya.

5. Daging merah

(Daging merah/Pinterest)

Meski mengandung protein -terutama jika memilih daging dari sapi yang diberi makan rumput pilihan-daging merah masih mengandung banyak lemak, yang membuat tubuh Anda butuh waktu untuk mencernanya.

"Artinya, jika Anda makan steak atau cheeseburger untuk makan malam, perut Anda mungkin masih mencerna saat mencoba untuk tidur," kata Beth Warren, penulis buku Living Real Life with Real Food.

Diet protein tinggi juga telah dikaitkan dengan gangguan tidur mengorok. Yang dapat mengurangi kualitas tidur Anda.

6. Makanan pedas

(Makanan pedas/Pinterest)

Berkat manfaat bisa meningkatkan metabolismenya, makanan pedas sering disebut-sebut sangat bermanfaat jika Anda sedang diet untuk menurunkan badan.

Namun, makanan pedas juga dapat membuat Anda tidak bisa tidur, karena makan jenis ini meningkatkan suhu inti tubuh, yang berdampak negatif terhadap tidur Anda.

"Makanan pedas juga dapat menyebabkan mulas," kata Natalie Stephens, seorang ahli diet di The Ohio State Wexner Medical Center. "Yang dapat membuat Anda sangat tidak nyaman bahkan sulit untuk tertidur dan tetap tidur."

(da)

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section