1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Syarat Hunian Sehat dan 'Bebas' Panas

Di Indonesia rumah yang memiliki kolam renang sebenarnya tidak cocok dengan iklim tropis Indonesia yang memiliki tingkat kelembapan 79 persen.

By Azalia Amadea 28 November 2015 08:52
ilustrasi rumah idaman (homedesignideal).

Money.id - Kualitas kehidupan penghuni rumah, ternyata dipengaruhi oleh desain dan interior di dalamnya. Bila ingin rumah Anda 'bebas' panas dan suhu ruangan terjaga, ada hal yang harus diperhatikan.

"Sirkulasi udara, penataan cahaya yang baik, serta kehadiran ruang terbuka hijau adalah aspek yang perlu diperhatikan ketika membangun rumah," ujar Christianto Jong, Arsitektur Studio Arsitektropis dalam acara Holcim Home Story, Jakarta, Jumat 27 November 2015.

Dia mengatakan, rumah di Indonesia harus sesuai dengan iklim tropis. Penataan ruang dan pemilihan interior yang tepat, dapat menjadikan hunian sehat dan nyaman, serta menciptakan mood yang baik bagi penghuni di dalamnya.

Dalam membangun rumah, lanjut Jong, disarankan menghindari orientasi pembangunan dengan sumber pencahayaan matahari yang menyebabkan munculnya suhu panas. Itu artinya, Anda harus menghindari orientasi rumah ke arah barat.

Sebaiknya orientasi rumah dibangun ke arah selatan, karena sinar matahari tidak terlalu banyak dan rumah terasa lebih sejuk. Selain itu, bila Anda ingin punya kolam renang di rumah, ada hal yang harus dipahami.

"Di Indonesia rumah yang memiliki kolam renang sebenarnya tidak cocok dengan iklim tropis Indonesia yang memiliki tingkat kelembapan 79 persen. Kolam renang dapat menambah kelembapan udara di dalam rumah. Tapi bila tetap ingin memiliki kolam renang, sebaiknya kolam renang dibangun di bagian selatan," tambah Jong.

Untuk halaman rumah sebaiknya Anda menanam pohon yang tingginya tiga sampai empat meter. Tujuannya untuk menciptakan kesejukan di rumah Anda. Dengan demikian, sirkulasi di rumah berjalan maksimal dan Anda akan lebih nyaman dan sehat.

 

(sm/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section