1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Anda Kurang Tidur? Waspada Kena Diabetes

Penyakit yang disebabkan karena kurang tidur adalah tekanan darah tinggi, irama jantung tidak stabil, gagal jantung, stroke dan diabetes.

By Desy Afrianti 23 November 2015 11:53
Ilustrasi tidur/Pixabay

Money.id - Tidur cukup sama pentingnya dengan mengkonsumi makanan bergizi. Pola hidup tidak sehat seperti telat makan dan kurang olahraga akan membuat orang mudah terserang penyakit.

Begitu juga orang yang tidurnya kurang. Hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Beberapa penyakit yang disebabkan karena kurang tidur adalah tekanan darah tinggi, irama jantung tidak stabil, gagal jantung, stroke dan diabetes.

Kenapa orang yang kurang tidur mudah terkena diabetes? Untuk diketahui bahwa kadar glukosa dalam darah berada di bawah kendali hormon insulin.

Seperti dikutip dari Boldsky Senin 23 November 2015, ketika tubuh gagal memecah glukosa, sel-sel gagal menjadi energi. Ketika produksi insulin tidak mencukupi, seseorang bisa terkena diabetes.

Resistensi insulin adalah kondisi di mana tubuh menjadi resisten atau menolak atau tidak mempan terhadap insulin, khususnya pada fungsinya untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuh tetap berada pada level yang normal.

Resistensi insulin sering terjadi pada orang yang kurang tidur, yakni kondisi pra-diabetes. Dalam kondisi kurang tidur, sel-sel tidak dapat menggunakan insulin dengan benar dan kadar gula meningkat dalam tubuh.

Selain diabetes, berikut adalah gangguan medis yang disebabkan karena kurang tidur.

Gangguan jantung

Penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung identik dengan orang-orang yang kurang tidur. Kurang tidur sehari bisa meningkatkan tekanan darah pasien sehingga mengakibatkan hipertensi.

Obesitas

Masalah lain yang umum terjadi karena kurang tidur adalah kenaikan berat badan. Banyak aktivitas hormonal terjadi saat seseorang sedang tidur. Tetapi, jika seseorang kurang tidur, kadar hormon stres akan meningkat.

Gangguan kekebalan tubuh

Ada banyak penyakit kronis yang disebabkan karena kurang tidur. Namun, masalah yang satu ini sering terlewat. Ternyata kurang tidur juga dapat menurunkan kadar imunitas.

Mudah terinfeksi virus

Kurang tidur bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan tubuh menjadi rentan terhadap terinfeksi virus seperti pilek, flu, demam dan lainnya.

Kehidupan seks yang buruk

Pasangan yang stres dan tegang biasanya memiliki kehidupan seks yang buruk. Hal ini sering diakibatkan tekanan kerja dan kurang tidur.

Gangguan kulit

Kurang tidur akan menyebabkan kortisol keluar secara berlebihan. Kortisol berfungsi memecah protein-kolagen yang menjaga kulit kita halus.

Kurang tidur akan membuat lingkaran hitam di bawah mata. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit kering dan keriput.

Makan tidak teratur

Makan bukan di waktu yang tepat juga merupakan kebiasaan buruk. Tubuh kita membutuhkan energi pada waktu tertentu. Terlepas dari kenaikan berat badan, kebiasaan makan sebelum waktunya akan meningkatkan kadar hormon.

Gangguan kognitif

Kurang tidur dapat mempengaruhi kemampuan kognitif seseorang, yakni kurangnya konsentrasi, kemampuan penalaran dan daya ingat.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section