1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Konsumsi Udang dan Vitamin C Berbarengan Menyebabkan Kematian?

Wanita Iran bernama Neda Agha Soltan ini meninggal akibat menyantap udang dan vitamin C terlalu banyak.

By Dian Ardiahanni 16 November 2015 17:25
Udang/Pixabay

Money.id - Rasa hidangan hewan laut memang nikmat, bahkan tak jarang bikin orang jadi ketagihan. Namun, berhati-hatilah saat mengonsumsi udang dan vitamin C berlebihan dan bersamaan.

Dilansir laman Wafflesatnoon, Senin 16 November 2015, wanita Iran bernama Neda Agha Soltan ini meninggal akibat menyantap udang dan vitamin C terlalu banyak. Bahkan, sebelumnya Neda juga telah rutin mengonsumsi vitamin C.

Sebenarnya, menurut para ahli, mengonsumsi udang dan vitamin C di jangka waktu berdekatan tidak bermasalah. Namun jika dikonsumsi berlebih, kedua makanan itu bisa menyebabkan keracunan arsenik.

Berdasarkan penelitian di University of Chicago di Amerika Serikat, umumnya arsenik itu dikenal sebagai senyawa yang beracun.

Namun, sebetulnya senyawa arsenik yang terkandung pada hewan laut seperti udang, itu tergolong jenis organik dan tidak beracun bagi tubuh.

Sayangnya, saat udang dan vitamin C dikonsumsi berlebihan, yang terjadi adalah reaksi kimia dalam tubuh. Di mana unsur non toksik pada vitamin C berubah menjadi zat beracun.

Saat mengalami keracunan arsenik, akan terjadi kelumpuhan di pembuluh darah kecil. Pada kasus terberat, kondisi ini bisa mengakibatkan pendarahan di telinga, mulut, hidung, dan mata, seperti yang dialami Neda.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), selain arsenik organik, yang perlu diwaspadai adalah arsenik anorganik. Senyawa ini tergolong sangat beracun dan ditemukan dalam makanan serta lingkungan.

Arsenik anorganik ini telah banyak dikaitkan sebagai pemicu timbulnya penyakit diabetes dan kardiovaskuler. Dalam jangka panjang, paparannya pun bisa berefek pada perkembangan paru-paru, kandung kemih, dan kanker kulit. (poy)

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section