1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Murah Meriah, Tapi Nutrisi Tahu Jempolan

Ingin manfaat maksimal? Tahu jangan digoreng, rebus saja hingga matang!

By Dian Rosalina 24 November 2015 09:34
Ilustrasi Tahu (vemale.com)

Money.id - Tahu adalah salah satu bahan makanan yang banyak kita temui di pasar Indonesia dan harganya sangat terjangkau. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai itu sudah mendapatkan perhatian dunia loh karena manfaatnya yang besar bagi kesehatan.

Tahu mengandung banyak protein, mineral, dan kalsium serta bisa menjadi makanan pengganti daging. Zat-zat yang terkandung antara lain, tembaga, selenium, magnesium, fosfor, mangan, dan besi.

Tahu juga merupakan sumber dari asam amino, dan mironutrien. Banyak manfaat yang dihasilkan bila Anda rutin memakannya, misalnya bisa menurunkan risiko kanker, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi tanda-tanda penuaan, mencegah anemia, dan risiko osteoporosis.

Namun tidak hanya itu saja, dikutip dari Boldsky, Selasa 24 November 2015, ada lagi manfaat tahu bagi kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui dan bisa dimasukkan dalam menu diet Anda sehari-hari:

Memerangi obesitas
Tahu diketahui sejak lama memiliki kandungan rendah kolesterol dan minim kadar lemak. Hal itu membuat makanan ini sangat tepat untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Zat peptin yang ada dalam tahu membantu membakar lemak yang ada dalam tubuh.

Mencegah diabetes tipe 2
Diabetes adalah penyakit jangka panjang yag disebabkan oleh kadar gula yang sangat tinggi dalam tubuh. Diabetes memiliki dua jenis, tipe satu dan tipe dua. Diabetes tipe dua, terjadi karena penurunan produksi insulin dalam tubuh, sehingga fungsinga tidak maksimal atau tubuh menjadi kurang peka terhadap insulin.

Untuk mencegah diabetis tipe ini, Anda bisa mengonsumsi tahu karena makanan tersebut mengandung rendah kalori. Memakan tahu dua kali sehari bisa mengurangi risiko diabetes dan bahkan dapat mengatur tingkat insulin tubuh Anda.

Mencegah kanker
Tahu juga mengandung flavonoid dan isoflavonoid yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. Genistein yang ada di dalamnya dapat memeriksa pertumbuhan tumor. Terutama pada kanker prostat dan kanker payudara.

Meningkatkan kesehatan jantung
Teratur mengonsumsi tahu, ternyata dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung lainnya. Makanan yang banyak ditemukan di pasar-pasar Indonesia ini, secara efektif mengurangi kolesterol berbahaya dalam darah dan meningkatkan kolesterol baik.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Selain tinggi mineral, tahu juga kaya vitamin, dan nutrisi yang membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit, sehingga memastikan tubuh tetap sehat.

Bila Anda ingin mendapatkan manfaat tahu lebih banyak, jangan digoreng. Cukup rebus hingga matang.

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section