1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Rahasia Wajah Awet Muda Tanpa Operasi

Ada banyak cara mudah menjadikan kulit selalu kencang.

By Stella Maris 28 November 2015 17:43
Ilustrasi Wajah Awet Muda (Foto: dream.co.id)

Money.id - Memasuki usia 40 tahun, gejala penuaan kulit mulai timbul, seperti kusam dan flek hitam, dan penuaan. Namun ada cara untuk memperlambat proses penuaan.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Inneke Halim dari RS Bethsaida mengatakan ada cara mudah menjadikan kulit selalu kencang. Apa saja? Berikut tipsnya:

1. Perlindungan Sinar Matahari
Terlalu sering terpapar sinar matahari dapat memunculkan flek hitam, kusam, dan kerutan. Oleh karena itu, gunakan sunscreen dengan SPF 30.

"Bila banyak beraktivitas di luar, pakai sunscreen setiap dua jam. Gunakan pula pakaian lengan panjang, kacamata, dan topi," kata Inneke.

2. Gunakan pelembab wajah yang mengandung air, agar kulit terasa lebih lembab.

3. Cuci Muka
Pastikan Anda membersihkam wajah dengam lembut. Sebaiknya Anda menghindari pembersih wajah yang mengandung scrub. Bila tetap ingin menggunakannya, pakailah seminggu sekali.

4. Hindari melakukan ekspresi wajah berulang, seperti mengerutkan kening, membiarkan mata terpapar matahari yang memunculkan kerutan di sekitar area wajah.

5. Makanan
Nutrisi sehat terpancar dari luar bila Anda rajin mengonsumsi makanan tinggi. Pada sayuran hijau, nutrisi ada pada bayam dan selada.

"Buah-buahan dengan mengonsumsi apel, anggur, pir, dan berry."

6. Kurangi jumlah konsumsi gula yang dapat mempercepat proses penuaan.

7. Olahraga
Proses penuaan dapat dicegah dengan rutin berolahraga setiap tiga sampai lima kali sehari selama 60 menit atau satu jam.

8. Istirahat yang cukup selama delapan jam per hari. Bila jam tidur kurang, si mata panda pasti dapat muncul di sekitar area mata.

9. Hindari alhokol dan rokok.

Suka Artikel Ini? Klik Like

(aa/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section