1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Cara Mudah Bersihkan Kuas "Make Up"

Kandungan minyak dari kulit wajah dan sel-sel kulit mati yang menempel pada kuas make up memicu berkembang biaknya bakteri dan jamur..

By Dian Rosalina 30 November 2015 12:37
Ilustrasi Kuas Make Up (lifestuffs.com)

Money.id - Kuas make up adalah alat yang digunakan untuk mengaplikasikan produk-produk kecantikan ke wajah. Kuas tersebut biasanya terbuat dari bulu bahan-bahan alami atau sintetis. Namun sering kali para wanita atau mungkin Anda sendiri malas untuk membersihkannya.

Kuas make up selalu digunakan setiap kali berdandan. Oleh karena itu banyak kandungan minyak dari kulit wajah dan sel-sel kulit mati yang menempel pada alat tersebut.

Hal itu dapat memicu berkembang biaknya bakteri. Seperti penggunaan kuas blush on.

"Kuas blush on adalah kuas yang cukup sering digunakan. Oleh karena itu, banyak bakteri bahkan jamur yang berkembang di sana disebabkan minyak kulit wajah yang menempel.

Makanya wanita sering mengalami keluhan jerawat di sekitar pipi setelah menggunakan make up," kata Adi Adrian, make up artis yang diwawancarai di sebuah acara pekan lalu.

Sebenarnya cukup mudah untuk membersihkan kuas make up dan tidak usah dibersihkan terlalu sering.

Setidaknya sebulan sekali untuk menjaga kuas Anda tetap bersih dari bakteri. Ada beberapa cara mudah untuk membersihkan kuas make up menurut Adi.

"Gunakan saja sampo bayi untuk mencucinya atau kalau tidak ada, bisa juga menggunakan moisturizer. Caranya tuangkan moisturizer di piring kecil, kemudian tepuk-tepuk kuasnya. Nanti kotorannya akan keluar dengan sendirinya. Lalu bilas dengan air hangat," ujarnya

Pengeringannya pun tidak cukup diletakkan saja. Anda harus mengeringkannya dengan handuk. Lalu tempatkan kuas make up dalam keadaan tegak berdiri agar air yang ada di dalam kuas dapat mengalir keluar dan tidak menyebabkan karat nantinya.

Setelah sekitar enam sampai delapan jam, kuas akan kering dan Anda siap untuk memakainya lagi. Tetapi perlu diingat penyimpanan make up juga berpengaruh agar kondisinya tetap baik.

"Kuas make up harus digantung agar tetap baik kondisinya ya," kata make up artis yang pernah mendandani sederet artis ternama Indonesia ini. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section