1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Mengapa Penting Konsumsi Buah Apel? Ini Alasannya

Buah apel sangat kaya akan antioksidan, vitamin C, dan serat. Ada 11 alasan mengapa mengkonsumsi apel setiap hari itu penting.

By Putri Nabilla 30 November 2015 13:46
Buah Apel / Pixabay

Money.id - Money.id - Apel merupakan salah satu buah tersehat dan paling terjangkau. Buah apel sangat kaya akan antioksidan, vitamin C, dan serat.

Buah ini juga bagus bila dijadikan camilan besar. Karena buah ini sangat sehat dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Seperti dilansir Healthmindbodies.com pada Senin, 30 November 2015, ada sebelas alasan mengapa Anda harus mengkonsumsi buah apel setiap hari:

1. Penurun berat badan

Hampir lebih sepertiga populasi orang dewasa mengalami obesitas. Makan apel secara rutin bisa mencegah Anda mengalami kelebihan berat badan.

Ada dua sifat buah ini yang membuatnya menjadi makanan penurunan berat badan, pertama karena buah ini mengandung tinggi serat dan kepadatan energi yang rendah.

Beberapa studi telah mengaitkan kedua sifat ini untuk pengurangan asupan kalori dan penurunan berat badan yang cukup besar dalam jangka panjang.

Menurut sebuah penelitian, peserta yang makan 1,5 apel besar (perkiraan 300 gram) setiap hari kehilangan 2,9 pounds atau sekitar 1,3 kilogram selama 12 minggu.

Studi lain juga menunjukkan bahwa memakan apel, terutama setengah jam atau satu jam sebelum makan, membantu dalam mengurangi asupan kalori dengan demikian membantu dalam penurunan berat badan.

2. Melindungi terhadap diabetes

Studi menunjukkan bahwa apel dapat membantu mengurangi tingkat gula dalam darah dan melindungi terhadap diabetes tipe 2.

Dalam satu studi, partisipan yang mengonsumsi satu atau lebih apel setiap hari cenderung 30 persen lebih rendah terkena risiko diabetes tipe 2.

Hal ini karena apel sangat kaya serat yang bila dimakan dalam jumlah besar meningkatkan kontrol glukosa darah.

Apel juga mengandung antioksidan yang memperlambat pencernaan gula. Apel adalah pilihan yang baik untuk seseorang yang menderita diabetes atau prediabetic.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular

Dalam satu studi hewan, makan apel mengurangi kadar kolesterol total dan penumpukan plak dalam arteri.

Kedua kadar kolesterol dan penumpukan plak merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung. Jika hasil penelitian hewan ini benar untuk manusia, itu berarti makan apel dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung.

Dalam satu studi yang dilakukan pada manusia oleh peneliti dari Finlandia, risiko kematian karena penyakit kardiovaskular adalah 43 persen lebih sedikit pada wanita dan 19 persen lebih sedikit pada pria yang memakan lebih dari 1,9 ons (54 gram) apel setiap hari.

4. Melindungi kemungkinan kanker

Orang yang memakan sebuah apel sehari atau lebih ditemukan memiliki risiko lebih rendah terkena kanker.

Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research juga merekomendasikan konsumsi apel, yang mereka percaya dapat menurunkan risiko terkena kanker pankreas sebanyak 23 persen.

Peneliti lain juga telah mengakui bahwa apel dapat melindungi terhadap kanker. Contohnya, para peneliti di Cornell University telah berhasil mengidentifikasi banyak senyawa dalam kulit apel yang membantu melawan sel-sel kanker pada payudara, hati, dan usus besar.

5. Mencegah batu empedu

Orang-orang dengan kadar kolesterol tinggi dalam darah berada pada risiko lebih besar untuk mengembangkan batu empedu.

Dokter sering merekomendasikan pasien batu empedu untuk memakan makanan kaya serat seperti apel. Alternatif lain adalah dengan minum jus apel dan jeruk dicampur dengan minyak dan garam epsom oliver untuk detoksifikasi hati.

6. Membantu menghindari alzheimer

Satu studi telah mengaitkan konsumsi jus apel pada tikus dengan penurunan risiko penyakit alzheimer.

Sementara ini belum terbukti secara medis pada manusia, tetapi itu adalah tanda yang menggembirakan, sebab alzheimer belum diketahui obatnya.

7. Melindungi terhadap parkinson

Orang yang mengkonsumsi banyak buah-buahan kaya serat seperti apel dan makanan lain memiliki risiko lebih rendah menderita parkinson.

Parkinson adalah penyakit progresif dari sistem saraf yang ditandai dengan gangguan sel saraf yang memproduksi dopamin di otak.

8. Mencegah asma

Memakan buah apel baik untuk pencegahan dan penanganan asma. Menurut sebuah penelitian di Inggris, orang yang makan 2-5 buah apel setiap minggu sekitar 30 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita asma daripada mereka yang tidak.

Ini disebabkan karena apel merupakan sumber yang baik dari flavonoid, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran udara.

Alasan lainnya yaitu karena asam fenolik hadir di dalamnya. Asam ini membantu pasien asma bernapas lebih bebas, mengurangi kebutuhan untuk obat.

Selain itu, makan apel adalah cara yang baik untuk mendapatkan kebutuhan vitamin C harian Anda.

Vitamin C tidak hanya membantu meringankan peradangan pada saluran udara, tetapi juga menjaga paru-paru yang sehat dan kuat.

Hal ini juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat pada gilirannya membantu meringankan gejala asma.

9. Memperkuat tulang

Apel merupakan sumber kalsium, mereka membantu untuk memperkuat tulang kita dan keseluruhan baik untuk kesehatan tulang.

Selain kaya kalsium, apel juga mengandung antioksidan tertentu yang membantu meningkatkan kepadatan tulang, serta senyawa yang disebut boron yang mencegah patah tulang dan memperkuatnya.

Mengandung phloridzin, sebuah polifenol yang berperan menurunkan risiko osteoporosis.
 
10. Memutihkan gigi

Mengkonsumsi apel setelah makan dapat membantu dalam menyingkirkan noda kuning pada gigi.

Apel memiliki zat dan agak asam, dua kualitas yang membantu memutihkan dan membersihkan gigi. Pada saat dikunyah, apel bekerja seperti sikat gigi dan dapat membantu memutihkan gigi.

11. Mendetoksifikasi hati

Apel mengandung pektin, senyawa antioksidan yang memiliki kualitas detoksifikasi yang kuat. Ini membantu menghilangkan kelebihan kolesterol, logam yang tidak diinginkan, dan racun lainnya dari tubuh.

Dapat dilakukan dengan memakannya langsung atau membuat jus apel, bagus untuk detoksifikasi hati dan meningkatkan pencernaan. (poy)

(pn/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section