1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Alasan Wanita Sebaiknya Tak Pakai Tampon Saat Menstruasi

Tak hanya mahal, tampon juga tidak...

By Rizki Astuti 2 Oktober 2016 15:15
Tampon (lionsgroundnews.com)

Money.id - Menstruasi yang datang tiap bulan tiak menjadi hambatan wanita untuk beraktivitas. Karena kini mereka bisa menggunakan pembalut atau tampon yang dijual bebas.

Namun tampon sepertinya memiliki banyak masalah yang harus segera ditinggalkan. Menurut video yang dipublikasikan ASAP Science, 81 persen wanita memakai tampon selama masa menstruasi mereka. Padahal sudah saatnya Anda membuang tampon jauh-jauh.

Tak hanya mahal, tetapi juga tidak ramah lingkungan. Tampon tidak bisa diurai secara biologis sehingga berkontribusi pada hampir 136 kilogram limbah dalam hidup seorang wanita.

Melansir dalam laman Huffington Post, Minggu 2 Oktober 2016, tampon juga dapat memicu terjadinya infeksi bakteri. Termasuk sindrom syok akibat keracunan yang sangat jarang tetapi berakibat fatal. Sindrom tersebut disebabkan oleh Staphylococcus aureus atau bakteri Streptococcus yang bersifat patogen.

Lantas, apa yang harus digunakan saat menstruasi? Alternatif terbaik mungkin saja menstrual cup.

Menstrual cup atau bisa disebut cangkir menstruasi adalah wadah berbentuk cangkir yang lunak dan bisa dimasukkan ke dalam liang rahim untuk menampung darah menstruasi.

Selain murah, cangkir menstruasi bisa dipakai lebih lama daripada tampon. Hebatnya lagi, cangkir menstruasi ini bisa dipakai berulang-ulang tanpa perlu beli baru lagi.

Pilihan lain? Anda bisa menggunakan celana dalam menstruasi. Atau jika ingin yang lebih murah lagi Anda bisa membeli pembalut. (poy)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section