1. HOME
  2. FRESH
TIPS KEUANGAN

Mau Kembalikan Barang ke Toko? Intip Dulu Tips Berikut Ini

Setiap toko memiliki kebijakan pengembalian barang, mereka memiliki aturan untuk setiap barang yang sudah dibeli.

By Dian Rosalina 30 September 2016 15:10
Ilustrasi Mengembalikan Barang (kiplinger.com)

Money.id - Beberapa orang kadang merasa enggan untuk mengembalikan barang yang rusak ke toko. Alasannya pun beragam, salah satunya adalah malas karena harus berurusan dengan ketentuan pengembalian barang dari toko tersebut.

Tapi Anda pun merasa rugi jika tak menukarkanya, karena baju atau barang yang Anda beli memang sudah Anda inginkan sejak dulu. Daripada bingung, ada beberapa tips untuk mengembalikan barang ke toko agar lebih mudah. Berikut ulasannya yang dikutip dari Cheatsheet, Jumat 30 September 2016.

Ketahui Kebijakan Toko

Setiap toko memiliki kebijakan pengembalian barang, entah itu toko kecil atau toko yang memiliki brand ternama, mereka memiliki aturan untuk setiap barang yang sudah dibeli. Anda perlu mengetahui apakah barang yang telah diterima bsia ditukar kembali dengan barang yang lebih baik.

Namun jika aturan toko tersebut terlalu ketat, lebih baik Anda urungkan niat Anda untuk mengembalikan barang tersebut. Umpama sudah berhasil, Anda harus melakukan upaya untuk menghindari hal ini terjadi lagi.

Bila yang Anda beli adalah sebuah baju, lebih baik coba dulu di ruang ganti, dan pastikan mereka cocok, dan periksa lebih teliti setiap detail barang tersebut. Dan bila itu adalah produk kosmetik, jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluarsa pada produk perawatan.

Simpan Struk atau Tanda Terima Barang

Kebanyakan orang selalu membuang struk pembelanjaan usai berbelanja. Padahal jika barang yang telah Anda beli mengalami kerusakan atau cacat, Anda bisa mengklaim dengan menggunakan struk tersebut.

Oleh sebab itu, tempatkan struk belanja atau tanda terima barang di dalam dompet atau tempat yang bisa Anda temukan. Sebab dengan adanya struk atau tanda terima, Anda bisa mengembalikan barang dan uang Anda juga bisa kembali.

Perhatikan Waktu Pembelian

Jika Anda ingin mengembalikan barang, sebisa mungkin waktunya tidak jauh dari Anda membeli barang tersebut. Karena semakin lama Anda mengembalikan suatu barang, kebijakan pengembalian barang sudah tidak berlaku lagi, meskipun Anda memiliki struk pembelanjaan.

Bersikaplah Baik

Di dalam hati Anda pun pasti merasa kecewa karena barang yang Anda terima tidak sesuai dengan harapan. Tapi cobalah untuk tenang, dan tetap bersikap baik terhadap toko tersebut, karena mereka akan lebih terbuka kepada orang-orang yang ramah dan tidak mengintimidasi.

Apalagi jika Anda adalah seorang pelanggan yang sering bolak-balik untuk membeli barang di toko tersebut, Anda sudah pasti memiliki hubungan yang baik dengan penjual. Dengan begitu, jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan dengan barang Anda, mereka akan lebih mudah membantu Anda tanpa harus merasa curiga. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section