1. HOME
    2. FOODILICIOUS
KULINER

Menikmati Segelas Wine Halal di Super Gayo Coffee

"after taste-nya seperti rasa wine karena sebelumnya biji kopi difermentasi selama 30-45 hari."

By Azalia Amadea 2 September 2016 12:44
Wine coffee (Money.id/Azalia Amadea)

Money.id - Wine bagi masyarakat muslim merupakan minuman yang dilarang untuk dikonsumsi. Hal tersebut dikarenakan wine mengandung alkohol.

Tapi di kafe Super Gayo Coffee yang berlokasi di Jalan Melawai Raya No.21 tersebut memiliki wine yang halal untuk dinikmati.

Mengapa wine tersebut halal? Karena wine yang disajikan di kedai kopi yang terletak di lantai 2, Dapur Blok M ini, terbuat dari biji kopi yang sudah difermentasi dan sama sekali tidak mengandung alkohol.

"Wine coffee yang kita tahu biasanya merupakan minuman kopi yang dicampur wine. Kalau yang kita punya ini after taste-nya seperti rasa wine karena sebelumnya biji kopi difermentasi selama 30-45 hari," kata Sony Gunawan, salah satu pemilik Super Gayo Coffee yang ditemui Money.id di Jakarta, Kamis 1 September 2016.

Proses fermentasi yang hampir memakan waktu sebulan tersebut menggunakan buah kopi yang difermentasi tanpa mengupas kulit ari buahnya. Setelah dipetik, biji dicuci, direndam lalu dijemur di atas terpal. Selanjutnya terpal tersebut digulung dan diperam di bawah sinar matahari. 

Cara penyajian wine coffee dengan syphon
© 2016 money.id/Azalia Amadea

Proses fermentasi tersebut berlangsung secara alamiah, yang nantinya akan menimbulkan rasa layaknya minuman anggur. 'Kopi anggur' ini terbuat dari biji kopi gayo jenis arabika yang tumbuh diketinggian 1.500 meter dari permukaan laut dan di lahan berpasir. Karakter lingkungan kebun kopi tersebut yang dapat menghasilkan getah kopi berkualitas.

"Semua biji kopi yang kami gunakan datang langsung dari kebun kopi kami sendiri yang terletak di tanah Gayo, Aceh. Sesuai nama tempatnya kami hanya menggunakan kopi gayo saja karena menurut kami kopi jenis arabika asli adalah kopi gayo," tambah pria berusia 32 tahun tersebut.

Penyajian wine coffee ini menggunakan alat seduh kopi khusus bernama syphon. Proses penyeduhannya berlangsung selama 40 detik, jika terlalu lama maka kopi akan hangus. Nantinya kopi akan disajikan dalam gelas bening berkapasitas 180 mililiter dan nikmat diminum ketika hangat.

Segelas wine coffee dihargai Rp65 ribu, selain diminum hangat wine coffee juga dapat disajikan dingin. Kini wine coffee menjadi salah satu menu andalan Super Gayo coffee yang dapat dinikmati oleh mereka para pecinta kopi dan bahkan masyarakat muslim sekalipun.

Bagi Anda yang ingin mencicipi segelas wine coffee atau ingin menikmati sajian kopi lainnya Super Gayo Coffee buka setiap Minggu-Kamis pukul 10.00-22.00 WIB dan Jumat-Sabtu pukul 10.00-24.00 WIB.

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section