1. HOME
  2. FOODILICIOUS
KULINER

Catat, Tips Membuat Kulit Risol Agar Tidak Mudah Sobek

Ternyata banyak faktor yang menyebabkan kulit risol mudah robek salah satunya pemilihan bahan.

By Azalia Amadea 26 Agustus 2016 13:10
Sajian risol (dapurkobe.co.id)

Money.id - Risol merupakan salah satu camilan yang nikmat dan mudah dikreasikan dengan beragam isian. Misalnya saja risol smoked beef, risol rogut ayam, risol sayuran dan varian risol lainnya.

Namun terkadang dalam membuat kulit risol kerap kali mengalami kegagalan akibat kulitnya yang mudah sobek. Ternyata banyak faktor yang menyebabkan kulit risol mudah robek salah satunya pemilihan bahan.

Melansir laman bogasari.com, Jumat 26 Agustus 2016, berikut tips membuat kulit risol agar tidak mudah sobek. 

Sajian risol smoked beef
© 2016 money.id/cookpad.com

Adonan

Sebelum membuat adonan pastikan tepung yang digunakan adalah tepung terigu protein sedang. Pada saat membuat adonan pastikan juga kekentalan adonan sudah tepat jangan sampai menggumpal dan terlalu encer. Untuk menghindari adonan menggumpal saring terlebih dahulu adonan kulit risol.

Susu cair

Gunakan susu cair untuk menggantikan sebagian atau seluruh air dalam resep, karena susu dapat membuat kulit menjadi lentur. Ketika memasukan susu atau air tuanglah sedikit demi sedikit sampai adonan mengental.

Margarin/minyak

Tambahkan sedikit minyak atau margarin agar adonan lebih gurih dan tidak lengket saat didadar. Anda juga dapat menggunakan teflon anti lengket saat membuat kulit risol.

Sendok

Sebaiknya saat mencampur adonan gunakan sendok karet atau kayu atau alat pnegaduk adonan (whisker) agar adonan mulus dan tercampur rata. Pengadukan dilakukan searah dengan putaran jam. Jika masih ditemukan gumpalan kecil, saringlah adonan.

Kalis

Adonan yang kita buat juga harus diuleni sampai kalis agar tidak mudah robek. Istirahatkan adonan selama lebih kurang 20–30 menit sebelum didadar. Semakin lama didiamkan adonan akan makin lentur dan halus.

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section