1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ternyata Ini Cara Agar Mata Tidak Perih Saat Memotong Bawang

Menangis saat memotong bawang ternyata disebabkan oleh asam sulfur yang terkandung dalam bawang dan bersifat mengiritasi mata.

By Azalia Amadea 28 Agustus 2016 10:15
Memotong bawang (womanista.com)

Money.id - Salah satu bumbu masakan yang paling banyak digunakan adalah bawang. Meski demikian, banyak orang yang enggan mengupas atau memotong bumbu satu ini. Terutama untuk jenis ba-wang merah dan bawang bombay yang dapat membuat menangis.

Menangis saat memotong bawang ternyata disebabkan oleh asam sulfur yang terkandung dalam bawang dan bersifat mengiritasi mata. Sehingga mata terasa perih, berair dan menjadi kemerahan.

Namun jangan khawatir, ada cara praktis yang dapat dilakukan untuk menghindari mata perih saat memotong bawang. Dilansir laman stylecraze.com, Minggu 28 Agutus 2016, berikut cara agar tidak menangis saat memotong bawang.

1. Nyalakan lilin

Nyalakan lilin sebelum mulai memotong bawang. Dengan demikian, nyala lilin akan menyerap uap yang menyebabkan iritasi di mata, sehingga Anda dapat memotong bawang tanpa menangis.

2. Memotong bawang di bawah air mengalir

Cara ini mencegah senyawa sulfur mencapai mata yang menyebabkan air mata. Tapi, sebelum mencobanya, pastikan Anda mengambil tindakan pencegahan agar tidak terluka akibat pisau yang mungkin licin saat mengupas bawang di bawah air mengalir.

3. Menaruh bawang di kulkas

Menaruh bawang di freezer selama 15 menit sebelum dipotong dapat mengurangi tingkat iritasi di mata. Tapi, itu akan membuat sulit ketika mengupasnya karena kulit bawang menjadi tipis akibat beku.

4. Membiarkan akar bawang tak terpotong

Membiarkan akar tak terpotong bisa mencegah mata berair saat memotongnya. Hal ini dikarenakan ujung akar dari bawang memiliki konsentrasi terbesar dari senyawa sulfur, sehingga jika dipotong akan membuat mata pedih.

5. Menggigit korek api

Meski terlihat agak aneh, namun cara ini dapat mencegah mata berair saat memotong bawang. Ambil beberapa batang korek api dan gigit saat sedang memotong bawang. Sebuah teori mengatakan, bahwa dengan melakukan hal ini, gas yang keluar dari bawang akan terserap oleh batang korek api sebelum mencapai mata.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section