1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Catat, Ini Tips Mudah Agar Iga Sapi Cepat Empuk

Berikut tips memasak iga sapi agar empuk dan nikmat disantap.

By Azalia Amadea 29 Agustus 2016 16:10
Sajian iga penyet (foodsweety.com)

Money.id - Olahan iga memang nikmat disajikan sebagai santapan keluarga. Terutama pada sajian sup iga dan iga bakar. Dua olahan tersebut merupakan menu iga favorit keluarga Indonesia.

Namun terkadang sajian iga menjadi tidak nikmat akibat dagingnya yang keras. Jangan khawatir, melansir laman royco.co.id Senin 29 Agustus 2016, berikut tips memasak iga sapi agar empuk dan nikmat disantap. 

Sajian sup iga sapi
© 2016 money.id/royco.co.id

1. Sebelum mengolahnya, pastikan Anda tidak salah memilih iga sapi. Daging iga sapi yang baik memiliki ciri-ciri seperti ketika disentuh dagingnya kenyal dan tidak banyak lemak. Akan lebih baik jika Anda menggunakan iga sapi muda yang jika diolah akan lebih cepat empuk dan tidak berbau.

2. Jika Anda akan membuat iga bakar sebaiknya sebelum iga diolah, lumuri terlebih dahulu iga dengan parutan nanas. Diamkan selama 5 menit kemudian remas-remas iga dengan daun pepaya. Bersihkan iga dan rendam iga dengan bumbu selama 3 jam agar bumbu lebih meresap.

3. Bagi Anda yang ingin agar iga cepat empuk dalam waktu yang lebih cepat, Anda dapat menggunakan panci tekan atau panci presto. Masukkan iga ke dalam panci, beri air secukupnya, jangan sampai melebihi batas maksimal panci. Tunggu hingga panci berdesis, diamkan terlebih dahulu selama 30 menit. Barulah iga dapat dimasak dengan bumbu.

4. Namun, bagi Anda yang lebih suka memasak iga dengan cara direbus pastikan air rebusan telah benar-benar mendidih terlebih dahulu. Lalu masukkan iga dan rebus selama kurang lebih selama 1-2 jam. Gunakan api kecil-sedang ketika merebus iga. Kemudian buang busa-busa lemak yang mengapung di atasnya agar kuah sup iga menjadi bening. (poy)

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section