1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Manfaat Selai Kacang yang Tak Anda Ketahui

Tak hanya lezat, selai kacang ternyata mempunyai manfaat untuk kesehatan.

By Putri Nabilla 21 Desember 2015 16:53
Selai Kacang ( Merdeka.com )

Money.id - Banyak orang yang berpikiran bahwa selai kacang yang biasanya hadir menghiasi sepasang roti hanyalah sekadar isi-an saja.

Selain memberikan rasa lezat pada roti, ternyata selai kacang juga baik untuk kesehatan. Selai kacang adalah makanan yang dibuat dari kacang tanah yang disangrai dan dihaluskan setelah diberi gula dan garam.

Di Amerika Serikat, selai kacang harus mengandung 90 persen kacang tanah dan tidak diizinkan menggunakan pemanis buatan, bahan pewarna dan zat pengawet.

Selai kacang mengandung protein yang tinggi. Seperti dikutip dari prevention pada Senin 21 Desember 2015, ada beberapa manfaat dari selai kacang yang mungkin belum Anda ketahui

1. Membantu turukan berat badan

Ilustrasi menurunkan berat badan / active.com

Selai kacang memiliki kombinasi serat 2 gram per porsi dan protein 8 gram per porsi yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Anda dapat mengonsumsi selai kacang untuk mengontrol rasa lapar tanpa menyebabkan kenaikan berat badan.

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, selai kacang dapat menjadi solusi untuk membantu Anda mengurangi asupan makanan secara alami karena rasa kenyang yang tahan lama.

2. Nutrisi tinggi

Ilustrasi kacang kaya nutrisi / kabarimbo.com

Satu porsi selai kacang memiliki 3 miligram antioksidan vitamin E, 40 miligram magnesium untuk memperkuat pembentukan tulang dan otot, 208 miligram kalium yang membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan stroke, serta 0,17 miligram vitamin B6 untuk sistem kekebalan tubuh. Kacang juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan usus.

3. Menurunkan risiko penyakit

Ilustrasi risiko penyakit / klikdokter.com

Penelitian menunjukkan bahwa makan kacang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kondisi kesehatan kronis lainnya.

Satu penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa mengonsumsi 1 ons kacang atau selai kacang (sekitar 2 sendok makan) setidaknya 5 hari seminggu dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

4. Memiliki lemak yang baik

Ilustrasi lemak yang baik / pinkkorset.com

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang rajin makan selai kacang memiliki lebih sedikit lemak di perut dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsi selai kacang. Selai kacang rendah lemak dan baik untuk diet Anda.

Takaran mengonsumsi selai kacang yang baik untuk mendapat lemak yang sehat adalah sekitar dua sendok makan. Dalam setiap sendoknya, Anda mendapatkan satu porsi protein, lemak, dan setengah porsi karbohidrat. (poy)

(pn/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section