1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Manfaat Panganan Kimchi untuk Tubuh

Kimchi merupakan sayuran hasil fermentasi rendah lemak yang banyak manfaat untuk tubuh

By Putri Nabilla 15 Desember 2015 18:38
Makanan tradisional Kimchi khas Korea ( Pixabay )

Money.id - Siapa yang pernah mencoba panganan kimchi asal negeri gingseng? Apakah Anda tahu, hidangan ini sehat dan dapat mencegah kanker loh.

Kimchi adalah makanan tradisional Korea sebagai "shimchae" selama abad ke-7 yang merupakan salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai merah. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak.

Tidak semua orang menyukai kimchi karena rasanya yang aneh hasil dari fermentasi dan beberapa sulit diterima oleh lidah orang Indonesia, terlebih bagi mereka yang awam dengan Korea.

Seperti dilansir dari Sylecraze, Selasa 15 Desember 2015, kimchi rendah lemak dan gula, namun tinggi vitamin, zat besi, kalsium dan selenium. Kimchi memiliki manfaat bagi kesehatan:

Pencernaan

Jika Anda ingin memperbaiki pencernaan Anda, cobalah untuk memakan kimchi. Kimchi menciptakan bakteri sehat, ini akan membantu kinerja usus.

Kimchi terbuat dari kubis, yang terkenal untuk detoksifikasi tubuh dan menghilangkan semua limbah dan racun. Memakan kimchi juga membersihkan usus dan memungkinkan asimilasi nutrisi yang lebih baik dalam tubuh, karena mengandung serat yang melawan sembelit.

Kolesterol

Bawang putih yang terkandung dalam kimchi, kaya akan selenium dan allicin. Kandungan ini juga mencegah plak di dinding usus dan mengurangi ancaman penyakit seperti aterosklerosis, semacam peradangan di dinding pembuluh darah.

Obesitas

Jika Anda rentan terhadap kenaikan berat badan, kimchi dapat menjadi solusinya. Karena mengandung antioksidan yang melimpah bersama dengan bakteri sehat yang dapat mengurangi nafsu makan dan menyeimbangkan kadar gula darah.

Kimchi yang mengandung serat membantu Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dan membuat Anda merasa tidak mudah lapar. Menurut sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan, kimchi mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan metabolisme. Hal ini menghentikan Anda dari makan berlebihan.

Imunitas

Cara lain untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda adalah dengan hanya menambahkan kimchi untuk diet Anda. Mengandung flavonoid dan komponen fenolik lain yang baik untuk kesehatan. Kimchi mengandung bawang putih, paprika dan jahe yang memiliki efek menguntungkan pada sistem kekebalan tubuh. Selain itu, juga dapat melawan infeksi melindungi Anda dari dingin penyakit flu dan batuk.

Kulit

Kimchi juga mengandung antioksidan yang melawan gejala kanker dan bagus untuk kulit Anda. Tidak hanya itu, kimchi melindungi tubuh dari efek berbahaya dari radikal yang bebas oksigen. Makanan ini mengurangi dermatitis dan mencegah peradangan juga. Dengan kandungan vitamin C yang melimpah sebagai atribut untuk anti-penuaan dini.

Lambung

Kimchi juga dapat menyembuhkan Anda dari ulkus lambung atau luka lambung. Sebagai efek terapi yang melawan patogen berbahaya dan dapat mengangkat sel kanker lambung. (ita)

(pn/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section