1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Atasi Rasa Pedas dengan Susu?

Air hanya akan menyebarkan rasa pedas yang terkandung dalam kapsaisin. Gunakan Susu untuk menghilangkan rasa pedas seperti terbakar.

By Putri Nabilla 14 Desember 2015 14:00
Susu dapat menghilangkan rasa pedas ( Pixabay )

Money.id - Menyantap makanan kurang lengkap rasanya bila tak ada sambal yang menemani, apalagi bagi Anda pencinta masakan pedas. Dengan memakan gorengan saja, peran cabai tak pernah ketinggalan.

Umumnya bila seseorang mengalami kepedasan, ia akan segera mencari air untuk diminum. Tetapi tahukah Anda? Ada cara yang lebih efektif dalam menghilangkan rasa pedas.

Seperti dilansir dari laman foodbeast.com pada Senin 14 Desember 2015, bila memakan masakan pedas seperti cabai atau paprika maka lidah akan merasa sakit seperti terbakar.

Air adalah yang pertama kali mereka cari untuk meredam rasa pedas, tetapi sebenarnya ada alasan ilmiah mengapa Anda tidak harus minum H20 tersebut.

Dalam video reaksi kimia sehari-hari, terlihat molekul yang terdapat dalam air tidak bercampur dengan baik, pada masakan-masakan pedas. Itu hanya akan menyebarkan rasa panas, sakit bahkan lebih.

Apa yang ada di dalam cabai atau paprika yang membuat Anda merasa kepedasan dan seperti terbakar?

Ada sesuatu di dalam cabai yang disebut kapsaisin. Pada dasarnya itu yang membuat mulut Anda merasa seperti terbakar.

Rasa 'terbakar' di sini bukanlah terbakar sesungguhnya, melainkan rasa pedas yang muncul karena kapsaisin menciptakan isyarat yang sama bagi otak seperti saat kulit terkena panas.

Begitu makanan yang mengandung kapsaisin menyentuh lidah Anda, sesuatu yang disebut Transient Receptor Potential Vanilloid 1 (TRPV1) mengikat dengan kepedasan kapsaisin, mengirimkan pesan ke otak Anda.

Air

Kapsaisin memiliki molekul non-polar di dalamnya dan hanya dapat melarutkan molekul non-polar lainnya.

Sedangkan air terdiri dari molekul polar yang berbeda dengan kapsaisin, persis seperti air dan minyak. Ini berarti keduanya tidak dapat saling bercampur.

Susu

Susu terdiri dari molekul non-polar sama seperti kaspsaisin yang juga memiliki molekul non-polar. Kandungan kasein dalam susu mempunyai kemampuan menyerap dan menggumpalkan kapsaisin yang ada di dalam mulut sehingga dapat menghilangkan rasa pedas yang Anda rasakan.

Jadi sebaiknya jangan mengatasinya dengan air, melainkan susu karena susu melarutkan molekul menyakitkan yang disebabkan kapsaisin. Sementara air hanya menyebarkan rasa pedas bahkan lebih. (poy)

(pn/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section