1. HOME
  2. LET'S COOK!
FOOD

Udara Dingin Enaknya Bikin Tahu Pedas Ala Hot Jeletot

Gorengan tahu pedas ala hot jeletot mudah dibuat dan kuncinya terletak pada adonan pelapis

By Putri Nabilla 14 Desember 2015 15:30
Tahu isi pedas ala jeletot ( justtryandtaste )

Money.id - Menyantap gorengan hangat-hangat, sangat tepat saat udara dingin, seperti di musim peghujan saat ini. Salah satu gorengan yang bisa 'memanaskan' tubuh Anda adalah tahu isi pedas.

Anda tahu tahu jeletot kan? Pedagang tahu isi pedas ini menyebar di sekitar jabodetabek, termasuk sekitar Jawa Barat. Makanan pedas ini memang sedang booming. 

Bila Anda ingin membuatnya di rumah, caranya mudah dan sederhana. Seperti yang dikutip dari justtryandtaste.com, Senin 14 Desember 2105, kunci pembuatan tahu isi terletak pada adonan pelapis yang harus menutupi lubang tahu tersebut agar tak ada minyak yang masuk ke dalamnya.

Berikut ini adalah resep membuat tahu ala hot jeletot yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan:

- Untuk bahan isi:

15 buah tahu goreng ukuran 5 x 5 cm

150 gram daging ayam cincang

1/2 buah wortel, serut kasar

5 lembar kol, rajang halus

1 batang daun bawang, rajang halus

1 batang daun seledri, rajang halus

 

-Untuk bumbu isian, yang dihaluskan:

3 butir bawang putih

4 butir bawang merah

1/2 sendok teh merica butiran

1 sendok teh kaldu bubuk

15 butir cabai rawit merah

1 sendok teh garam  

 

-Untuk bahan pelapis tahu:

100 gram tepung terigu serba guna

1 1/2 sendok makan tepung beras

1 sendok makan tepung tapioka/kanji

1 sendok teh ketumbar bubuk

1/2 sendok teh garam

1 batang daun bawang rajang halus

150 - 200 ml air

 

Cara membuatnya:

Siapkan tahu yang berukuran 5 x 5 cm, jika Anda menggunakan ukuran tahu yang lebih kecil lagi akan menyulitkan Anda untuk mengisi tumisan di dalamnya. Goreng tahu dengan minyak yang banyak agar kulitnya bisa kering dan garing, angkat jika tahu telah matang kecokelatan. Dinginkan.

Iris salah satu sisi tahu goreng, (belahan kecil) jangan mengirisnya terlalu besar. Iris seperlunya supaya Anda bisa mengeluarkan isi tahu dan mudah memasukkan tumisan ke dalamnya. Keluarkan isi tahu dengan mengoreknya menggunakan jari tangan. Sisihkan tahu. Lalu masukkan isi tahu ke dalam tumisan isi.

Membuat tumisan isi:

Siapkan wajan, masukkan 2 sendok makan minyak. Tumis bumbu halus hingga matang dan berbau harum, masukkan cincangan ayam, aduk dan tumis hingga ayam matang. Masukkan rajangan sayuran, tumis hingga sayur layu dan matang. Tambahkan isi tahu yang telah dikeluarkan tadi, lalu aduk rata. Cicipi rasanya. Angkat.

Membuat adonan pelapis tahu:

Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan adonan, aduk rata. Sesuaikan jumlah air dengan kekentalan adonan, tambahkan air sedikit demi sedikit.

Mengisi tahu:

Ambil tahu yang telah dikeluarkan isinya, ambil tumisan isi dan masukkan ke dalam tahu, dorong dengan ujung jari hingga tahu padat. Lakukan pada semua tahu, tata tahu berisi tumisan di piring.

Gunakan wajan berisi minyak bekas menggoreng tahu, tambahkan minyak jika kurang, panaskan.

Siram 1 sendok makan adonan pelapis ke bagian irisan tahu agar bagian tahu yang terbuka tertutup. Celupkan tahu ke dalam adonan sehingga semua bagian tahu terlumuri. Goreng dalam minyak panas. Lakukan pada tahu yang lain. Goreng secara bergantian (jangan banyak-banyak di atas wajan).

Goreng tahu hingga permukaannya kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Serap kelebihan minyak dengan meletakkan tahu kertas tisu. Tahu isi super pedas siap disantap.

Yummy... Selamat mencoba!

(ita)

 

 

(pn/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Let's Cook! Section