1. HOME
  2. LET'S COOK!
FOOD

Ini Rahasia Agar Makanan Selalu Renyah

Bisa saja makanan itu garing saat masih hangat saja.

By Desy Afrianti 7 Desember 2015 18:12
Makanan renyah/Pixabay

Money.id - Hampir semua orang menyukai makanan renyah atau garing. Rasanya yang gurih dan bikin ketagihan membuat makanan renyah digemari untuk disantap sebagi lauk. Ada juga orang yang menjadikan makanan garing seperti kerupuk sebagai teman makan.

Namun, seperti kita ketahui membuat makanan renyah bukanlah perkara mudah. Bisa saja makanan itu garing saat masih hangat saja. Tetapi ketika sudah dingin, makanan tersebut melempem.

Nah, salah satu tantangan Anda adalah bagaimana menjaga makanan kering selalu renyah. Kelembapan udara yang cukup tinggi, sangat berperan mempercepat makanan menjadi "masuk angin" atau melempem.

Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menyimpannya di dalam toples, namun tentunya hal ini bukanlah satu-satunya jalan.

Tips dan catatan di bawah ini dapat dijadikan panduan Anda agar makanan tetap renyah sampai potongan terakhir seperti diambil dari sahabatnestle, Senin 7 Desember 2015.

Untuk makanan yang digoreng, alasi dengan kertas yang menyerap minyak agar makanan tetap renyah. Goreng makanan dalam porsi cukup sehingga makanan tidak perlu terlalu lama disimpan dalam wadah.

Anda juga dapat menggoreng makanan hingga setengah matang, dan jika hendak dikonsumsi baru dipanaskan sampai kering.

Oven dengan temperatur panas cukup di bawah 100°C akan menjaga kondisi makanan tetap kering. Alasi makanan dengan paper napkin (kertas napkin lebar) atau lembaran aluminium dan gunakan rak dalam oven.

Jika memiliki mesin vacuum makanan (ukuran rumahan), akan banyak menolong karena udara yang mengandung air dapat dikeluarkan sehingga aroma, kesegaran juga kerenyahan dapat bertahan lebih lama.

Sebaiknya hindari penggunaan oven microwave karena panas yang merambat menyebabkan makanan menjadi melempem akibat uap yang ditimbulkan.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menyimpan makanan dalam lemari pendingin ataupun freezer (bagian atas). Pilih dan gunakan wadah yang tertutup rapat agar bunga es tidak meresap ke dalam makanan.

Silica gel dalam sachet juga mampu menyerap kelembaban, hanya saja produk ini lumayan sulit didapatkan selain juga harganya tidak murah. C

ara terakhir ialah menggunakan kantong plastik yang dapat ditutup rapat dan dibuka tutup (re-sealable). Isi dengan makanan secukupnya agar kantong dapat ditutup dengan baik.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Let's Cook! Section