1. HOME
  2. FOODILICIOUS
BISNIS

Pria Ini Raup Rp13,8 Triliun dari Bikin Resep Makanan

Akimitsu Sano, CEO situs Cookpad.com meraup keuntungan hingga $1 miliar.

By Azalia Amadea 10 Desember 2015 17:15
Ilustrasi wajah Akimitsu Sano (Foto: forbes.com)

Money.id - Ingin mencoba resep masakan baru, Anda dapat mencari referensi dari mana saja, tinggal menelusurinya di Google atau artikel-artikel resep lain yang cocok.

Dilansir dalam laman forbes.com pada Kamis 10 Desember 2015, Akimitsu Sano, pemilik situs Cookpad.com telah menciptakan 2,1 juta resep dari makanan tradisional khas Jepang seperti, pancake cumi panggang hingga resep pasta bolognese dan cheesecake.

Cookpad yang telah diakses oleh 58,8 juta pengguna memperluas basis pengaksesnya hingga dua belas kali lipat dalam tujuh tahun terakhir.

Hal itu menjadikan Cookpad menduduki peringkat 55 situs yang paling banyak dikunjungi di Jepang. Lebih dari setengah penggunannya merupakan wanita, dengan kisaran usia 20 tahun hinggan 30 tahun.

Pria asal Jepang itu mendirikan perusahaan tersebut pada tahun 1997, dan mempublikasikannya pada tahun 2009.

Pedapatannya melonjak hingga 80 persen atau $65 juta dengan keuntungan $19 juta. Dalam sebulan terakhir pendapatannya meningkat hingga 20 persen membuat 44 persen saham Sano di perusahaan bernilai lebih dari $1 miliar atau jika dikonversikan ke rupiah sebesar Rp13,8 trilun.

Sano (42) jarang bercerita kepada pers terkait informasi pribadinya. Kebanyakan orang hanya mengetahui ia merupakan lulusan Keio University Jepang yang ketika lulus langsung bekerja di Cookpad.com.

Pada tahun 2012, ia meninggalkan jabatannya yang saat itu merupakan CEO Cookpad.com dan memfokuskan pekerjaannya dengan membeli situs ulasan pernikahan Minnano di Jepang. Sano juga sibuk mengembangkan situs kuliner Cucumbertown di AS pada awal tahun ini.

Ada beberapa analisis yang memperkirakan pendapatan Cookpad tahun ini hingga $112 juta dan akan terus meningkat mejadi sekitar $150 juta pada tahun 2016. Dengan keuntungan pada tahun depan yang dapat mencapai $40 juta.

Takahiro Kazahaya, seorang analis Deutsche Bank di Tokyo, melihat pertumbuhan pendapatan Cookpad.com yang mengesankan akan meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi di Jepang.

"Banyak ibu rumah tangga di Jepang kurang berkomunikasi satu sama lain, dengan kehadiran Cookpad.com diharapkan dapat membantu terselesainnya masalah tersebut," ujarnya.

Sano juga percaya memasak dapat membuat suasana keluarga menjadi lebih harmonis. "Hanya saja mereka tidak memiliki banyak pengetahuan mengenai masakan, hanya tahu berdasarkan pengetahuan warisan orang tua saja," kata Sano.

Salah satu sumber orang terdekatnya mengatakan, "Sano dan istrinya setiap hari memasak, mempunyai kantin, dan menyediakan ketringan makan siang untuk beberapa karyawan di perusahaan-perusahaan di Jepang." (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section