1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Trik Jitu Agar Dapat Sewa Rumah dengan Harga Murah

Tidak ada cara lain yang lebih efektif dibandingkan cara satu ini. Penasaran? Simak artikel berikut sampai habis.

By Dwifantya Aquina 15 Juni 2017 08:51
Ilustrasi rumah (myhomeinthevines.com)

Money.id - Semua orang pasti ingin punya rumah. Namun, ada kalanya keinginan tersebut harus ditunda hingga uang terkumpul, setidaknya cukup untuk DP Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Bagi mereka yang sudah berkeluarga, selagi menunggu uang muka rumah terkumpul, menyewa rumah kontrakan jadi solusi sementara. Namun, mendapatkan harga sewa yang bagus, terlebih di kota besar seperti Jakarta memang tak mudah. Untuk membantu Anda yang sedang mencari kontrakan, berikut ini trik yang dikutip dari CekAja.com.

Tetapkan daerah sasaran

Untuk mendapatkan rumah yang murah, trik pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan daerah sasaran. Langkah ini bertujuan agar Anda fokus mencari rumah di satu kawasan saja. Tentu akan lebih sulit mendapatkan rumah kontrakan berkualitas bila target kawasan kita terlalu luas. Sebelum menetapkan target kawasan, perhatikan dulu fasilitas yang cocok dengan kebutuhan Anda seperti dekat dengan transportasi umum seperti kereta atau terminal, dekat dengan rumah sakit, sekolah atau pasar dan pusat perbelanjaan.

(Baca juga: Ingin Dompet Tersenyum Saat Lebaran? Perhatikan 4 Hal Berikut Ini)

Gali informasi dari warga sekitar

Bila Anda sudah menetapkan lokasi, langkah selanjutnya adalah mencari informan di kawasan sasaran Anda. Biasanya, warga yang sudah bertahun-tahun menetap di kawasan itu mengetahui banyak informasi mengenai lingkungannya, termasuk mengenai info rumah kontrakan. Cari tahu apakah Anda punya kenalan atau saudara yang tinggal di kawasan tersebut. Mendapatkan informasi mengenai harga rumah di kawasan itu juga bisa memudahkan Anda untuk menentukan target harga.

Tentukan target harga

Setelah itu, tentukan target harga yang masih sesuai dengan bujet Anda. Bila sudah menemukan beberapa rumah, jangan lupa melakukan perbandingan harga. Tapi iangat, jangan hanya harga yang jadi patokan Anda melainkan beberapa hal seperti kondisi rumah, biaya-biaya tambahan seperti iuran sampah dan keamanan serta biaya lainnya. Jangan ragu juga untuk melakukan negoisasi dengan pemilik rumah. Jika harga yang diberikan lebih tinggi dari rata-rata rumah di sekitarnya, tawar hingga harga masuk dengan bujet Anda.

Kontrak rumah untuk jangka pendek

Tidak ada cara lain yang lebih efektif dibandingkan cara satu ini. Sebab, dengan menjadi penghuni di kawasan yang Anda incar, informasi bahkan tawaran akan datang dengan sendirinya. Selain itu, Anda tak perlu mengeluarkan biaya besar ketika harus pindah mengingat lokasi sasaran Anda ada di kawasan itu. Untuk itu, cobalah cari rumah kontrakan atau kawar yang bisa disewa dalam jangka pendek. Manfaatkan waktu yang pendek itu untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya. Niscaya rumah yang akan Anda dapatkan selanjutnya sangat berkualitas.

(Baca juga: 6 Alasan Menikah Bikin Irit Ini Bakal Mengubah Pikiran Kita)

 

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section