1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Tips Agar Tak Kalap Saat Belanja Keperluan Ramadan

Lantaran panik, biasanya orang pun cenderung kalap dan tidak berpikir jernih. Ujung-ujungnya, biaya belanja membengkak.

By Dwifantya Aquina 1 Juni 2017 08:52
Ilustrasi berbelanja kebutuhan rumah tangga (crytekinsutries)

Money.id - Saat Ramadan, kebutuhan rumah tangga biasanya meningkat. Sebab, ada beberapa pos pengeluaran yang bertambah. Contohnya pengeluaran untuk belanja kebutuhan Ramadan seperti bahan pokok untuk berbuka puasa dan sahur. 

Bagi mereka yang tidak menyicil sejak jauh hari, mungkin akan ada sedikit kepanikan. Lantaran panik, biasanya orang pun cenderung kalap dan tidak berpikir jernih. Ujung-ujungnya, biaya belanja membengkak. Tidak mau kan justru berakhir miskin saat Ramadan? Kalau begitu, empat saran ini akan bisa membantu Anda.

Jangan membeli barang obral

Biasanya, ketika melihat tulisan obral orang cenderung kalap. Contohnya ketika sebuah pusat perbelanjaan mengobral kurma menjelang hari Lebaran, orang pun langsung memborong dalam jumlah banyak. Padahal, anggota keluarga Anda di rumah hanya sedikit akhirnya kurma tersisa cukup berlimpah. Menjelang akhir bulan, kurma yang tak habis dimakan pun dibagikan pada tetangga dan saudara.

Bukannya berhemat, bila keadaannya seperti ini Anda malah boros. Barang obral memang menarik tapi bukan berarti Anda harus membelinya. Prioritas paling utama sebelum membeli sebuah barang adalah memastikan jika barang tersebut kita butuhkan. Selanjutnya, pastikan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan kita. APlagi untuk barang yang memiliki masa kadaluarsa seperti makanan dan obat. (Baca juga: Cara Membendung Nafsu Belanja Barang yang Tak Penting)

Jangan belanja tanpa daftar belanja

Ini merupakan mantra wajib bagi orang yang tak ingin kecolongan saat belanja. Maksudnya, kerap kali kita tergoda membeli sebuah barang di pusat perbelanjaan yang sebelumnya tak kita rencanakan untuk dibeli. Dengan daftar belanja, kita pun tak mudah tergoda dan terjebak dengan trik dan strategi jualan pengelola pusat perbelanjaan. Cobalah buat daftar belanja setidaknya dua jam sebelum pergi belanja.

Tetapkan batas waktu saat belanja

Sebelum mengunjungi pusat perbelanjaan, selalu tetapkan tenggat waktu  berbelanja. Tetapkan apakah waktu yang idela adalah 1 jam atau dua jam. Sebagai orang yang rutin belanja, Anda tentu tahu berapa waktu yang dibutuhkan sebenarnya untuk belanja secara normal.

Membatasi waktu belanja akan efektif mencegah Anda berlama-lama di pusat perbelanjaan. Sebab, semakin lama Anda berada di sana, Anda akan semakin mudah terpancing saat melihat barang yang bagus dan sangat Anda inginkan. Padahal, barang tersebut tidak terlalu Anda butuhkan.

Gunakan kartu kredit

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah membantu mengelola keuangan, termasuk berhemat saat belanja. Alasannya, banyak penerbit kartu kredit bekerjasama dengan pusat perbelanjaan.

Biasanya, jika ada kerjasama khusus, pusat perbelanjaan akan memberikan diskon khusus bagi pemilik kartu kredit tertentu. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat uang belanja cukup signifikan. Terlebih keperluan Ramadan memang banyak dan tak bisa dikesampingkan. (Baca juga: Suka mendengkur Saat Tidur? Bisa Jadi Pertanda dari Penyakit Kritis Ini!)

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section