1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Tak Merasakan Masalah Ini di Usia 40, Berarti Anda Sukses

Sekarang coba saja Anda cek apa saja masalah berkaitan finansial yang masih dialami?

By Dwifantya Aquina 11 Mei 2017 08:52
Ilustrasi pengusaha mapan (Pixabay)

Money.id - Biasanya di usia 40 tahun orang sudah harus merefleksikan perjalanan hidupnya selama ini. Hal ini penting agar ke depannya kita bisa meraih pencapaian yang lebih baik lagi.

Salah satu hal yang perlu direfleksikan adalah masalah finansial. Memang, tidak ada orang yang hidup tanpa masalah. Meski sudah mapan dan berpenghasilan baik sekalipun orang bisa saja tetap memiliki masalah keuangan.

Sekarang coba saja Anda cek apa saja masalah berkaitan finansial yang masih dialami? Bila 3 masalah ini tidak Anda rasakan, tandanya Anda cukup sukses di usia 40 tahun.

Bangkrut karena mengalami risiko finansial

Risiko finansial ada banyak jenisnya. Bagi pengusaha risiko tersebut adalah kerugian bisnis, bagi karyawan risiko tersebut bisa jadi PHK. Namun, bagi manusia secara umum risiko finansial yang bisa mengakibatkan bencana adalah sakit dan terkena musibah seperti sakit baik karena kecelakaan atau tidak atau terkena bencana seperti banjir, kebakaran, longsor atau gunung meletus.

Nah, bila Anda jatuh sakit atau rumah Anda kebakaran namun Anda tidak mengalami kebangkrutan, ini tandanya Anda sudah cukup melindungi diri dan harta benda dengan asuransi. Alhasil, Anda tak perlu pusing masalah finansial ketika harus sakit atau mengalami musibah. (Baca juga: Kiat 4 Orang Sukses yang Bangkit dari Kebangkrutan Ini Bikin Semangat)

Terlambat membayar cicilan

Bila Anda masih sering terlambat membayar cicilan di usia 40 tahun mungkin saja ada yang salah dengan keuangan Anda. Coba saja periksa kenapa Anda selalu terlambat membayar cicilan. Bisa saja masalah Anda sebenarnya adalah proporsi utang yang lebih besar dari penghasilan. Kalau masalahnya seperti ini ada dua jalan yang haus dilakukan. Pertama, Anda harus mengurangi jumlah konsumsi dan kedua, Anda harus mencari penghasilan sampingan untuk meningkatkan pendapatan.

Tidak punya dana darurat

Masalah besar bila Anda tidak punya dana darurat di usia 40 tahun. Alasannya, di usia ini orang rata-rata sudah berkeluarga dan memiliki anak. Bayangkan saja, dengan tanggungjawab besar seperti itu, Anda bisa membuat keluarga hidup dalam kondisi sulit bila terkena masalah.

Katakan saja Anda terkena PHK. Bila memiliki dana darurat katakanlah sebesar 4 hingga 12 kali penghasilan bulanan, keluarga Anda masih tetap bisa hidup normal hingga Anda mencari solusi atas masalah yang tengah dihadapi. Selain dana darurat, jangan juga lupa menabung dan berinvestasi. Bila Anda sudah berusia 40 tahun dan tidak memiliki tabungan serta investasi, Anda sudah salah arah dari jalan menuju kesuksesan. (Baca juga: Sebelum Lebaran Ingin Punya Rumah? Intip 5 KPR Pilihan CekAja Ini!)

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section