1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Terungkap, Cara Miliarder Dunia Menghemat Uang

Siapa tahu, setelah mengikuti gaya hidup dan kebiasaannya, kesuksesan para miliarder dunia bisa menular pada Anda.

By Dwifantya Aquina 29 Mei 2017 09:15
Ilustrasi miliarder (bankruptcylawnetwork.com)

Money.id - Orang selalu tertarik dengan kehidupan para miliarder dunia. Alasannya, banyak hal inspiratif yang bisa dipelajari dari gaya hidup dan kebiasaan orang-orang terkaya dunia itu. Salah satunya tentu yang berkaitan dengan masalah finansial seperti cara miliarder dunia menghemat pengeluarannya.

Dengan mengetahui trik para miliarder tersebut, Anda pun bisa menerapkannya dalam kehidupan pribadi. Siapa tahu, setelah mengikuti gaya hidup dan kebiasaannya, kesuksesan para miliarder dunia bisa menular pada Anda. Tertarik mengetahuinya? Berikut ini 4 resep miliarder dunia menghemat uangnya seperti dikutip CekAja.com.

Tempat tinggal tak perlu baru dan mewah

CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett, bukanlah orang yang hidup boros dan berlebihan meski kekayaannya memungkinkannya untuk berbuat demikian. Warren justru dikenal sebagai pribadi yang hemat dan jauh dari hidup bermewah-mewahan.

Untuk urusan rumah misalnya, meski kekayaannya menanjak signifikan hingga masuk dalam jajaran 5 orang terkaya dunia, dia tetap menempati rumah yang dibelinya pada tahun 1958. Rumah itu dibelinya senilai US$ 31.500 atau senilai Rp 400 jutaan. Padahal, dengan kekayaan lebih dari US$ 73.6 miliar, dia bisa tinggal dan memiliki rumah yang lebih baru dan lebih mewah. (Baca juga: Giring Nidji: Saya Berinvestasi untuk Mencari Kebahagiaan dan Ketenangan)

Makan makanan yang sehat, bukan mahal

Zaman sekarang, makan bukan hanya perkara kesehatan melainkan masalah identitas. Orang tak lagi melihat kandungan gizi dalam makanan melainkan apa dan di mana kita memakannya. Lihat saja, restoran mewah tak pernah sepi meski sebenarnya makanan yang lebih murah dan sehat banyak tersedia. Tapi, tidak begitu halnya dengan Zong Qinghou, orang terkaya di China.

Meski memiliki kekayaan yang sangat besar, dia menerapkan gaya hidup hemat untuk urusan konsumsi. Setiap hari, saat makan siang Zong Qinghou makan bersama pekerjanya. Menu yang dipilih pun sederha meski tetap memiliki kandungan gizi tinggi. Bahkan, lelaki yang memiliki kekayaan hingga US$ 7.2 miliar ini pun membatasi belanja harian senilai US$ 20 atau setara dengan Rp 260 ribu/ hari.

Tak perlu kelas eksekutif apalagi jet pribadi saat perjalanan bisnis

Kita tentu masih ingat aksi presiden Jokowi yang menaiki kelas ekonomi sebuah maskapai penerbangan saat hendak menengok putranya di Singapura. Meski mampu membeli tiket kelas yang lebih tinggi, Presiden Jokowi justru menunjukkan kesederhanaan.

Hal yang sama juga dilakukan Ingvar Kamprad, miliarder yang dikenal sebagai pemilik IKEA. Salah satu orang terkaya di Eropa ini selalu memilih menggunakan kelas ekonomi setiap berpergian menggunakan pesaat terbang. Padahal, dengan kekayaan mencapai US$ 39,3 miliar, Ingvar bisa saja membeli dan menggunakan jet pribadi yang super mewah.

Mobil dilihat dari manfaatnya, bukan kemewahannya

Orang terkaya di Mexico, Carlos Slim Helu, dikenal sebagai pribadi yang hidup dengan sederhana. Hal ini pun kerap mengundang decak kagum para koleganya. Salah satu hal yang mencerminkan kesederhanannya adalah keenganannya untuk membeli mobil-mobil mewah.

Saat berpergian, Carlos pun lebih memilih menggunakan mobil lamanya yang dinilainya masih bagus dan layak pakai. Padahal, dengan kekayaan hingga US$ 63.1 miliar, pemiliik perusahan telekomunikasi, America Movil ini bisa membeli memborong satu showroom mobil mewah berikut isinya.(Baca juga: Inilah Uang yang Dihasilkan Para Miliarder Dunia dalam Satu Detik)

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section