1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Begini Cara Agar Tetap Irit Saat Ngabuburit

Lebaran memang identik dengan segala hal yang serba baru, termasuk baju baru. Tapi...

By Dwifantya Aquina 22 Mei 2017 08:47
Memasak hidangan berbuka puasa bisa jadi kegiatan yang menyenangkan (Wordpress)

Money.id - Menjelang Ramadan, kita pasti teringat lagi akan tradisi ngabuburit. Aktivitas satu ini memang hanya ada di bulan puasa, dimana mereka yang menjalankan ibadah puasa melakukan kegiatan sembari menunggu waktu berbuka. Tapi, ada kalanya ngabuburit justru jadi petaka karena membuat pengeluaran bertambah.

Nah, agar saat puasa nanti bisa tetap ngabuburit asyik yanpa menguras uang di dompet, berikut ini kegiatan-kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan seperti dilansir CekAja.com.

Masak menu berbuka

Biasanya, saat Ramadan akan banyak undangan berbuka puasa. Jumlah undangan biasanya makin bertambah ketika menjelang Lebaran. Nah, daripada harus buka puasa di restoran yang pasti mengeluarkan biaya, kenapa tidak mengalihkan bukber ke rumah Anda atau salah satu rumah teman Anda. Sebelum bukber, Anda dan teman-teman bisa masak menu buka puasa. Hitung-hitung sambil ngeabuburit, Anda bisa menjalin silaturahmi lebih berkualitas lagi dengan teman ataupun saudara.

(Baca juga: Mari Belajar Cara Memulai Bisnis dari 5 Pengusaha Muda Sukses Ini)

Memancing

Saat puasa orang biasanya menghindari kegiatan yang mengeluarkan banyak tenaga. Nah, dibanding harus berkendara ke luar rumah tanpa tujuan yang jelas, kenapa tidak manfaatkan waktu ngabuburit dengan memancing. Pilih saja lokasi memancing yang teduh dan nyaman. Sambil ngabuburit, jika beruntung Anda bisa pulang dengan membawa hasil tangkapan. Tidak perlu mancing di pemancingan yang butuh biaya ya, danau atau sungai di sekitar rumah bisa juga kok dijadikan sebagai lokasi mancing yang asyik sembari menunggu waktu berbuka.

Bikin barang kerajinan

Mau ngabuburit sambil menghasilkan tambahan THR untuk Lebaran? Jika Anda cukup kreatif, kenapa tidak bikin barang-barang kerajinan. Anda bisa memanfaatkan barang bekas sebagai bahan bakunya. Misalnya botol pastik bekas, kertas koran bgekas atau kayu bekas. Sembari mendapatkan pahala dari kegiatan bersih-bersih lingkungan, Anda pun bisa mendapatkan uang jika kerajinan tersebut dijual. Gunakan sosial media sebagai tempat pemasaran produk kerajinan Anda.

Menjahit baju Lebaran

Lebaran memang identik dengan segala hal yang serba baru, termasuk baju baru. Tapi bukan berarti harus beli ya. Anda bisa kok menjahit baju Lebaran sendiri. Manfaatkan waktu luang saat ngabuburit untuk membuat sedikitnya satu potong pakaian. Meski tidak ahli, dengan bantuan video tutorial dan panduan di blog atau website, Anda bisa kok menyelesaikan 1 potong pakaian baru di akhir Ramadan. Namun Anda harus ulet dan tak mudah menyerah ya.

(Baca juga: Mau Tahu Berapa Kebutuhan Hidup Kita Saat Pensiun? Ini Cara Menghitungnya)

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section