1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

4 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Melahirkan

Yang tak kalah penting harus disiapkan adalah kebutuhan finansial. Karena kebutuhan-kebutuhan paska melahirkan cukup mahal.

By Dwifantya Aquina 14 April 2017 09:00
Aktor Brad Pitt saat menyambut kelahiran bayinya (financesonline.com)

Money.id - Mumpung usia kandungan Anda masih muda, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan kebutuhan melahirkan. Tidak sedikit lho hal yang musti disiapkan mulai dari kesiapan fisik seperti senam, asupan nutrisi hingga kesiapan mental.

Yang tak kalah penting harus disiapkan adalah kebutuhan finansial. Karena kebutuhan-kebutuhan tersebut cukup mahal, Anda butuh waktu yang cukup untuk menyiapkannya.

Nah, agar lebih punya prioritas, berikut ini empat hal yang harus disiapkan sebelum melahirkan seperti dikutip dari CekAja.com.

Biaya persalinan

biaya persalinan di Indonesia tergolong mahal. Namun, saat ini Anda tidak perlu khawatir karena BPJS Kesehatan juga memberikan bantuan biaya persalinan secara penuh di rumah sakit rujukan Anda.

Masalahnya, apakah Anda cukup nyaman dengan rumah sakit yang menjadi rujukan BPJS Kesehatan. Bila Anda terlanjur memiliki rumah sakit langganan yang bukan jadi fasilitas khusus Anda, mau tidak mau Anda harus merogoh kocek pribadi.

Siapkan dana tersebut sejak sekarang. Meski nanti dana itu tidak digunakan, biaya tersebut bisa diperuntukkan bagi kebutuhan lain yang niscaya cukup banyak bermunculan setelah bayi Anda dilahirkan. (Baca juga: Pilihan Mobil yang Cocok untuk Wanita Bertubuh Mungil)

Perlengkapan ibu dan bayi

Siapkan segala kebutuhan mulai dari popok, tisu basah bayi, kadin bedong, botol, susu formula, deterjen khusus bayi hingga pembalut dan pakaian dalam. Ada baiknya untuk mendata apa saja kebutuhan Anda dan membuat daftarnya secara tertulis. Mumpung Anda masih bisa beraktivitas dengan bebas, beli keperluan tersebut dan simpan di tempat yang aman. Dengan persediaan yang lengkap, Anda tak perlu repot di kemudian hari sehingga bisa fokus pada kelahiran anak.

Mobil dan kursi bayi

Bagi Anda yang belum punya mobil, mungkin bisa mempertimbangkan untuk membeli kendaraan ini. Sebab, mobil akan sangat berguna tidak hanya untuk mengantar Anda ke rumah sakit saat bersalin namun juga saat berpergian dengan bayi. Ada banyak momen di mana Anda harus mengajak bayi ke luar rumah seperti check up ke dokter anak, imunisasi hingga acar keluarga yang jauh dari rumah.

Anda tentu tidak ingin kan bayi Anda terpapar polusi jika harus menggunakan motor atau kendaraan umum. Nah, bila Anda sudah memiliki kendaraan roda empat, jangan lupa untuk mempersiapkan kursi bayi. Alat satu ini sangat penting khususnya ketika Anda akan membawa pulang bayi dari rumah sakit.

Asuransi kesehatan

Perlindungan asuransi kesehatan merupakan hal yang wajib Anda miliki setelah melahirkan. Sudah tidak ada lagi toleransi untuk kebutuhan satu ini. Alasannya, keberadaan bayi membuat pengelouaran Anda bertambah lebih besar. Pada saat bersamaan risiko Anda jatuh sakit juga lebih tinggi karena memiliki anak bayi akan sangat melelahkan. Bila Anda sakit, biaya yang dibutuhkan tentu melonjak.

Anda tidak ingin bangkrut kan karena harus merogoh kocek dua kali untuk kebutuhan bayi dan Anda sendiri?

(Baca juga: Tips Sukses Membangun Kembali Bisnis yang Bangkrut)

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section