1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS PERNIKAHAN

Cara Jitu Negoisasi dengan WO Agar Biaya Nikah Jadi Hemat

Namun, pernikahan bukan cuma perkara pesta. Pasca-pernikahan, biaya yang harus dikeluarkan jauh lebih banyak lagi.

By Dwifantya Aquina 26 April 2017 08:26
Memikirkan biaya pernikahan memang gampang-gampang susah (Pixabay.com)

Money.id - Bagi pasangan yang tidak ingin repot saat menyiapkan pesta pernikahan, wedding organizer adalah pilihan yang tepat. Bila dana siap, pernikahan seperti apa pun bisa terlaksana.

Namun, pernikahan bukan cuma perkara pesta. Pasca-pernikahan, biaya yang harus dikeluarkan jauh lebih banyak lagi. Contohnya untuk membeli kendaraan, membayar DP rumah dan banyak hal lainnya. Untuk itu, Anda harus bijak menggunakan dana untuk pesta pernikahan.

Bila tahu triknya, wedding organizer bisa dinego hingga mendapatkan tarif murah lho. Mau tahu caranya? Baca artikel yang dikutip dari CekAja.com berikut ini.

Konsultasi dengan orang yang pernah menikah

Jangan menggunakan jasa wedding organizer sebelum berkonsultasi dengan orang yang pernah menggunakan jasanya. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan keterangan mengenai wedding organizer tertentu yang memiliki kualitas bagus dan harga miring.

Ketika melakukan pertemuan dengan wedding organizer, jangan ragu untuk meminta diskon. Tanyakan dengan sopan mengenai promo atau tawaran  menguntungkan lain yang bisa Anda dapatkan.

(Baca juga: Ibu Rumah Tangga, Ini Nih Kesalahan yang Bikin Keuangan Keluarga Morat-Marit)

Gali informasi sebanyak-banyaknya

Selanjutnya gali informasi sebanyak mungkin. Lakukan survei pada beberapa wedding vendors atau pameran pernikahan. Ingat, jangan cuma terpaku pada daftar rekomendasi teman atau saduara. Rajin-rajinlah mengunjungi event pameran pernikahan untuk mengumpulkan kontak dan portofolio masing-masing organizer.

Bandingkan harga antara wedding organizer satu dengan lainnya. Hal yang wajib Anda pertimbangkan adalah masalah biaya, kualitas dan reputasi. Bila rajin melakukan perbandingan, Anda akan mendapatkan informasi mengenai penyedia jasa yang memberikan produk dengan harga dan kualitas terbaik.

Tentukan bujet Anda

Agar tidak bingung, sebelum melakukan survey Anda harus menetapkan bujet yang akan dikeluarkan untuk kebutuhan pesta pernikahan. Bujet juga berguna agar Anda tidak melebihi target yang sudah dicanangkan. Dengan menetapkan bujet, Anda juga akan lebih mudah memilih dan berkonsultasi dengan wedding organizer.  Jelaskan pada organizer mengenai bujet dan konsep yang Anda inginkan. Tanyakan apakah dengan dana tersebut konsep yang Anda inginkan dapat diperoleh.

Waktu yang Fleksibel

Kenapa waktu yang fleskibel akan membuat Anda hemat? Sebab, sama seperti bisnis lain yang dipengaruhi permintaan dan suplai saat mematok harga, bisnis wedding organizer juga demikian. Biasanya, pada bulan-bulan tertentu permintaan akan jasa wedding organizer meningkat. Saat itu, biaya yang dipatok oleh WO biasanya akan tinggi. Sementara, di bulan-bulan sepi pernikahan harga cenderung murah karena menyesuaikan dengan rendahnya permintaan.

Lunasi tagihan sekaligus

Bila Anda ingin mencapai kesepakatan yang menguntungkan, beritahu bahwa Anda akan membayar semua tagihan lunas sekaligus. Dengan cara ini Anda bisa melakukan negoasiasi baik soal harga maupun manfaat lain yang Anda inginkan. Bagaimana, sekarang sudah tahu kan cara mendapatkan biaya pesta pernikahan yang hemat sekaligus berkualitas?

(Baca juga: Inilah Pilihan Kartu Kredit yang Harus Dimiliki Kartini Modern)

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section