1. HOME
  2. FINANCE
CEK AJA

Seberapa Penting Asuransi Properti untuk Anda?

Dengan asuransi properti, hidup seseorang bisa jauh lebih tenang. Sebab...

By Dwifantya Aquina 4 Mei 2017 08:43
Ilustrasi asuransi properti (cbn.za)

Money.id - Dibandingkan asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi kendaraan, produk industri keuangan bernama asuransi properti tergolong kurang populer. Padahal, manfaat asuransi properti tidak kurang pentingnya dibandingkan sekian asuransi yang sudah disebutkan tadi.

Secara sederhana, asuransi properti merupakan produk yang melindungi properti Anda baik rumah, apartemen, toko atau kantor dari berbagai macam risiko seperti kebakaran, gempa bumi, banjir, tanah longsor dan banyak lagi.

Dengan asuransi properti, hidup seseorang bisa jauh lebih tenang. Sebab, asuransi satu ini melindungi keuangan seseorang secara tak langsung. Bayangkan saja bila toko atau tempat usaha Anda ludes dijilat api, tentu dampaknya akan berpengaruh pada penghasilan Anda yang terhenti secara total.

Nah, kalau sudah demikian apakah kepemilikan asuransi properti masih bisa ditunda? Ini penjelasan selengkapnyayang dikutip dari CekAja.com.

Anda menggunakan desain arsitek ekslusif? Asuransi properti menanggungnya

Anda memiliki hunian mewah dengan desain ekslusif dari arsitek kenamaan? Sudah pasti biaya mendesain bangunan rumah Anda tak murah. Bila rumah mengalami kebakaran dan habis tak bersisa, biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah seperti sedia kala tentu sangat besar. Akan sangat memberatkan bila Anda masih harus membayar jasa arsitek untuk mendesain ulang rumah tersebut.

Tapi, bila Anda melindungi properti Anda itu dengan asuransi, Anda bisa bernapas lega. Alasannya, perusahaan asuransi tidak hanya menanggung biaya pembangunan ulang rumah namun  memberikan manfaat biaya arsitek.  (Baca juga: Jika Tidak Punya Kartu Kredit Pebisnis Bisa Gigit Jari Karena Rugi, Ini Alasannya)

Cat rumah Anda mahal? Asuransi properti menanggungnya

Sama seperti asuransi jiwa atau asuransi kesehatan yang memiliki perluasan manfaat, asuransi properti juga serupa. Ada banyak perluasan manfaat yang dapat ditambahkan pada asuransi properti misalnya manfaat penggantian biaya cat rumah atas risiko banjir.

Contohnya, rumah yang Anda huni menggunakan cat berharga mahal atau cat impor. Pada suatu saat, rumah tersebut terkena banjir dan mengakibatkan cat rumah kotor bahkan hingga rusak terkelupas. Bila Anda memiliki perluasan manfaat yang dijelaskan tadi, perusahaan asuransi akan mencairkan polis berupa penggantian biaya cat yang rusak itu. 

Hidup tenang karena uang dan surat berharga dilindungi

Rumah idaman adalah rumah yang memberikan rasa tenang dan nyaman bagi penghuninya. Namun, senyaman apapun rumah Anda pasti pikiran akan was-was saat meninggalkannya. Terlebih bila mengingat rumah tersebut terdapat uang ataupun surat berharga yang nilainya besar.

Nah, bila ingin pikiran Anda lebih tenteram lagi lindungilah rumah Anda dengan asuransi properti dengan perluasan money insurance. Dengan perluasan itu, asuransi akan melindungi surat dan uang dari risiko yang mungkin terjadi seperti pencurian dan kebakaran.

Rumah ludes, tidak pusing cari tempat tinggal

Bila rumah Anda ludes karena bencana ada dua hal yang tentu memsusingkan Anda. Pertama, biaya membangun ulang rumah tersebut dan kedua, biaya tempat tinggal sementara. Belum lagi Anda harus meluangkan waktu untuk mencari rumah tinggal sementara.

Pemilik properti yang melindungi huniannya dengan asuransi properti tentu tidak pusing memikirkan hal ini karena asuransi memberikan manfaat berupa tempat tinggal sementara bagi penghuni rumah yang mendapat perlindungan. Perusahaan asuransi pun akan membayar uang sewa sementara hingga rumah Anda selesai dibangun. (Baca juga: Anggapan-anggapan Wanita yang Bisa Membuat Dirinya Terjebak dalam Bencana Finansial)

 

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section