1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

4 Godaan yang Harus Diwaspadai Selama Ramadan Agar Tidak Boros

Tantangannya, di bulan penuh hikmah ini godaan masih saja datang. Khususnya godaan yang bisa membuat keuangan berantakan.

By Dwifantya Aquina 7 Juni 2017 08:17
Hati-hati menggunakan THR secara berlebihan (dailyfinance.com)

Money.id - Ramadan adalah bulan di mana umat muslim seharusnya fokus menjalani ibadah. Tentu saja, saat fokus beribadah, kita tidak ingin ada masalah yang menghantui. Terlebih jika masalah itu berhubungan dengan kondisi keuangan kita.

Tantangannya, di bulan penuh hikmah ini godaan masih saja datang. Khususnya godaan yang bisa membuat keuangan berantakan. Lantas, apa saja sih hal yang harus diwaspadai agar keuangan tetap sehat di saat Ramadan? Berikut ini ulasannya yang dilansir CekAja.com.

Godaan promo dan diskon yang menggiurkan

Saat Ramadan pusat perbelanjaan seperti supermarket, mall dan toko-toko online biasanya menawarkan berbagai promo belanja yang menarik. Orang yang tak waspada bisa terjerat godaan diskon dan malah belanja barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu penting. Ingat, di bulan Ramadan Anda harus mengendalikan nafsu termasuk nafsu belanja. Anda memang tak harus menghindari pusat perbelanjaan selama Ramadan. Namun, lakukan perencanaan keuangan yang baik sebelum pergi ke tempat perbelanjaan tersebut. (Baca juga: Spot Foto di Indonesia yang Membuat Kita Seakan Berada di Luar Negeri)

Godaan ajakan bukber

Undangan buka bersama biasanya sangat banyak di munggu kedua Ramadan. Bila tidak menyiasatinya dengan baik, bisa-bisa THR dan gaji selama Ramadan amblas untuk membiayai minus akibat bukber. Agar lebih hemat, cobalah lebih selektif memilih ajakan bukber. Prioritaskan saja menghadiri undangan yang benar-benar penting. Jangan lupa juga untuk membatasi anggaran bukber. Misalnya, jatah bukber selama Ramadan tahun ini adalah Rp 600 ribu. Untuk itu, atur agar pengeluaran tidak melebihi nilai yang sudah ditetapkan.

Godaan lapar mata saat berbuka puasa

Saat buka puasa, banyak orang terjebak godaan yangd atang dari mata. Melihat aneka makanan dijajakan di cafe maupun penjual makanan pinggir jalan, Anda langsung kalap dan memborong semua yang diinginkan. Padahal, jumlah yang sanggup Anda konsumsi tidak sebanyak itu. ALhasil, belanjajadi mubazir karena harus dibuang.  Agar tak lapar mata saat buka [uasa, tetapkan lebih dulu menu buka puasa yang akan Anda santap hari ini. Hindari meriset makanan-makanan atau cuci mata ke tempat-tempat makan yang memang berisiko membuat Anda menjadi lapar mata.

Godaan THR

Bagi para karyawan, Tunjangan Hari Raya alias THR adalah hal yang sangat ditunggu saat Ramadan. Namun, tidak sedikit juga orang yang keuangannya minus saat Ramadan. mengapa hal itu bisa terjadi? Biasanya, orang yang mengalami hal itu tidak sadar bahwa naiknya penghasilan karena THR juga dibarengi meningkatnya kebutuhan seperti biaya tiket mudik, baju Lebaran hingga adanya sedekah dan kebutuhan penting lain. Saat menerima THR mereka yang tidak sadar cenderung menghabiskannya untuk kebutuhan yang tak perlu. (Baca juga: Kalau Mau Punya Motor Besar, Siap-siap dengan Biaya Ini)

 

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section