1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Ingin Hemat Bujet Bukber, Ini Tipsnya

Karena tujuan utama bukber adalah silaturahmi, maka jangan terkecoh.

By Dwifantya Aquina 9 Juni 2017 08:42
Takjil buka puasa (Money.id)

Money.id - Ramadan tiba! Bulan penuh berkah ini biasanya dijadikan sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat hubungan pertemanan dan persaudaraan. Tak heran jika di Indonesia ada tradisi bukber alias buka bersama. Undangan bukber memang akan banyak berdatangan pada pertengahan Ramadan.

Menjelang Lebaran, jumlahnya pun meningkat. Nah, agar bukber justru tak jadi bumerang bagi kondisi keuangan Anda, berikut ini tips sederhana yang dikutip dari CekAja.com, agar bujet bukber jadi hemat. Baca artikelnya hingga tuntas ya.

Pilih lokasi yang dekat

Terkadang, saat menyusun angaran buka bersama kita hanya menghitung biaya makan di restoran atau cafe tempat berlangsungnya bukber. Padahal, lebih sering biaya transportasi menuju lokasi tersebut hampir menyamai harga menu makanan. Nah, agar ongkos transportasi tidak jadi masalah, pilih tempat bukber yang paling dekat dengan rumah atau kantor ANda.

Bila perlu, lokasi itu bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan angkutan umum murah. Dengan cara ini, Anda jadi irit BBM. Apalagi jika Anda tinggal di Ibu Kota di mana lalu lintas pada saat jam buka puasa akan sangat semerawut. Membawa kendaraan pribadi untuk bukber sama saja dengan membakar uang untuk biaya BBM di jalanan. (Baca juga: Mengenal HoloLens, Pengganti Smartphone di Masa Depan)

Batasi bujet dengan pilih restoran yang terjangkau

Karena tujuan utama bukber adalah silaturahmi, maka jangan terkecoh. Banyak orang sering mengalami hal ini. Karena diundang ke tempat bukber yang terkenal memiliki makanan enak, orang tersebut pun langsung kalap dan lupa dengan bujet yang sudah disiapkan. Agar tidak mengalami hal ini, sebaiknya usul agar restoran atau cafe yang dipilih terkenal memiliki harga terjangkau. Jadi, silaturahmi dapat, kantong Anda pun masih bisa bernapas lega.

Datang di pertengahan acara

Satu lagi cara untuk menghemat anggaran bukber Anda. Bila tujuan Anda mendatangi bukner sebenarnya hanya kebutuhan silaturahmi, Anda tak perlu makan di lokasi bukber tersebut.

Caranya, makan dulu di rumah atau di tempat lain. Ketika acara bukber diperkirakan sudah berlangsung, Anda bisa datang. Cukup pesan minuman sehingga biaya yang dikeluarkan jadi tak bengkak. Cara ini sebaiknya digunakan bila anggaran Anda sudah tipis atau tempat yang didatangi terkenal memiliki harga menu yang mahal.

(Baca juga: Alasan Pemilik Mobil di Jakarta Harus Punya Motor)

 

 

 

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section