1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

LocalFest 5.2, Festival Kreatif untuk Para Anak Muda

Visi LocalFest adalah ingin mengangkat potensi lokal dan industri kreatif.

By Dian Rosalina 31 Maret 2016 16:21
Suasana Local Fest di Jakarta (Money.id/Dian Rosa)

Money.id - Creative Festival terbesar, LocalFest kembali diadakan di Jakarta. Mengusung konsep LocalFest 5.2, Local.co.id menghadirkan lebih dari 130 produk-produk industri kreatif dari sektor fashion, kuliner, artistik, dan musik.

Acara yang diadakan pertama kali pada Juli 2013 lalu ini bertujuan untuk memberdayakan potensi lokal khususnya para pengusaha muda yang ingin menunjukkan produknya kepada masyarakat lebih luas. Founder & CEO Local.co.id, Sayed Muhammad mengatakan LocalFest berbeda dengan acara-acara festival sejenis.

"Localfest itu adalah kreatif festival, kita bukan pop market pop bazaar, kami menggabungkan sektor fashion kuliner musik dan art. Di sini kami memfokuskan pada brand-brand Usaha Kecil Menengah dan Start up. yang memiliki produk-produk unik potesial baru dan kreatif," ujar Sayed dalam Konferensi Pers LocalFest 5.2, di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Kamis 31 Maret 2016.

Berawal dari sebuah e-commerce fashion, Local.co.id pada 2011 silam, ia melihat banyak enterpreneurship muda, dari bidang kuliner, fashion, dan seni tidak memiliki wadah untuk memasarkan produknya kepada masyarakat. Oleh karena itu, mereka hadir agar produk mereka lebih dikenal.

Selain bertujuan sebagai hiburan, visi LocalFest adalah ingin mengangkat potensi lokal dan industri kreatif. Ia mengharapkan dengan adanya acara tersebut akan terjalin kerja sama antara sesama brand lokal.

Untuk memilih para tenant lokal yang ingin memasarkan produknya, sebelumnya tim riset Local.co.id memberikan open announcement kepada seluruh tenant melalui email. Kemudian dari email tersebut akan masuk tenant yang ingin berpartisipasi.

"Para tenant akan memberikan katalog produk terbaru mereka dan desain booth. Lalu tim kami akan memilih produk mana yang memiliki konsep unik dan berbeda dari sebelum-sebelumnya. Kemudian tim kami melakukan kurasi kurang lebih dua bulan dan memilih tenant sesuai dengan spot yang ada nantinya," jelas Sayed.

Roadshow ke Beberapa Kota di Indonesia

Saat pertama kali diadakan, lebih dari 20 ribu pengunjung memadati gelaran festival tersebut. Untuk tahun ini, Sayed mengharapkan ada 50 ribu pengunjung yang akan hadir di LocalFest dengan mengadakan roadshow ke beberapa kota besar di Indonesia, seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, Medan dan masih banyak lagi.

"Di akhir bulan Januari kemarin, kami sudah memulai 5.1 di kota Surabaya. Nah yang 5.2 ini adalah yang kedua. Untuk kota-kota selanjutnya masih rahasia," kata dia.

Acara yang diadakan mulai 31 Maret-3 April 2016 di Lantai LG, Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan ini, juga akan dimeriahkan oleh beberapa band Indie. Seperti Sore, Pure Saturday, The Adams, Float, Kelompok Penerbang Roket, Stars and Rabbit, Danilla, dan Elephant King. Tidak hanya itu, LocalFest juga mengadakan talkshow mengenai Enterpreneurship setiap harinya.

Untuk menikmari berbagai kegiatan di LocalFest 5.2, pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp10 ribu untuk Kamis dan Jumat, dan Rp15 ribu untuk Sabtu dan Minggu.

 

Baca Juga

 

 

 

(da/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section