1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Pharrell Williams Bikin Adidas Untung Besar di Tahun 2015

Kolaborasi Adidas dengan Pharell Williams meraup total laba kotor mencapai sekitar US$ 15,32 miliar.

By Azalia Amadea 26 Maret 2016 14:02
Ilustrasi adidas bersama Pharell Williams (Foto: sneakerbardetroit.com)

Money.id - Orang terkenal seperti selebriti bisa dibilang adalah salesman yang ampuh. Sosok populer merupakan cara termudah dan cepat bagi perusahaan untuk menanamkan merek di benak konsumen.

Hal itulah yang juga dilakukan Adidas yang berkolaborasi dengan penyanyi sekaligus fashion influencer Amerika Serikat Pharrell Williams pada Maret 2015 lalu. Sebagai bagian dari kolaborasi tersebut, Pharrell dan Adidas merilis 50 warna dari lini sepatu lifestyle Adidas Originals Superstar melalui koleksi bertajuk Supercolor.

Berkat kolaborasi tersebut, laporan laba akhir tahun perusahaan sepatu asal Jerman itu pada 3 Maret 2016 menyatakan penjualan mereka selama 2015 mengalami kenaikan sebesar 15 persen, seperti dikutip dalam hollywoodreporter.com Sabtu 26 Maret 2016.

Dengan total laba kotor mencapai sekitar US$ 15,32 miliar atau sekitar Rp195 triliun, menjadikan tahun 2015 sebagai tahun paling menguntungkan bagi Adidas. Rachel Muscat, direktur pemasaran global Adidas, bahkan mengatakan Supercolor bahkan terjual habis di akhir pekan.

Dalam sebuah wawancara dengan Billboard, Muscat menyatakan kerja sama dengan Pharrell dimulai pada bulan Januari 2014, ketika penyanyi 'Happy' itu sedang melihat-lihat koleksi lama Adidas.

Ternyata Pharrell sangat mengenal beberapa sepatu produksi masa lalu Adidas.

"Dia ingat bagaimana orang-orang sangat suka dengan Superstar. Beberapa minggu kemudian, saat makan siang, kami berbincang-bincang mengenai ide dan dia mengatakan 'Bagaimana dengan 50 warna untuk Superstar?'," kata Muscat.

Muscat mengatakan dirinya masih belum bisa membayangkan akan membuat sepatu dengan 50 warna Pantone seperti usul Pharrell. Namun dia tetap memberi Pharrell buku warna agar dia bisa memilih warna-warna yang diinginkannya.

Dan selama akhir pekan, saat sedang tur, Pharrell membuat sebuah lingkaran warna yang kemudian akan diproses menjadi sampel oleh Adidas.

"Tiga bulan kemudian, dengan sebuah koper penuh sepatu, kami pergi menemuinya di belakang panggung saat dia sedang tur di Dusseldorf, Jerman. Di situlah awal mulanya foto dia duduk di tengah lingkaran sepatu warna-warni menjadi foto yang paling banyak di-tweet di Twitter pada tahun 2015," kata Muscat.

Muscat mengakui ketika disuguhi ide seperti itu, pihaknya bukan hanya memikirkan tentang menciptakan produk. Tetapi tentang banyak hal seperti bagaimana menampilkannya di toko? Berapa banyak kotak sepatu yang harus tersedia agar tidak kehabisan stok?

"Dan kami juga diberi tenggat waktu yang sangat ketatĀ  -dari saat gambar itu muncul, kami memiliki sekitar enam bulan untuk membawanya ke pasar. Jadi proses ini benar-benar tentang mencoba hal yang berbeda dan mendorong batas-batas kemampuan. Kami belum pernah melakukan hal seperti ini sebelumnya, dan itulah yang menarik dari semua proses ini," jelas Muscat.

Namun ide dan kerja keras dari kolaborasi itu membuahkan hasil yang luar biasa. Pharrell sangat menghargai individualitas dan ingin semua orang untuk menjadi diri mereka sendiri. Hal itulah yang membuat Supercolor begitu istimewa dan sukses.

"Anda membeli untuk sesuatu yang asli, yang berbeda dan menyenangkan. Banyak orang bisa menjadi bagian tersebut berkat harganya yang sekitar US$ 100. Selain itu Anda tidak perlu terlihat sama seperti teman-teman Anda. Anda bisa memilih warna apa pun yang Anda inginkan. Ketika ada momen khusus, semua orang ingin tampil berbeda," tambah Muscat.

Muscat mengatakan Adidas menciptakan produk berdasarkan apa yang mereka percaya akan menjadi hal besar berikutnya dalam industri.

"Tapi apa yang terjadi dalam budaya sneakers dewasa ini begitu menarik; ada begitu banyak antisipasi untuk rilis berikutnya."

Muscat berjanji akan kembali melakukan kolaborasi dengan Pharrell dalam bulan Mei tahun ini.

"Saya tidak bisa mengatakan sekarang, tetapi saya telah bekerja dengan Pharrell selama 6 sampai 12 bulan terakhir. Kami punya konsep dan ide baru. Itulah hebatnya berkolaborasi dengan Pharrell -dia selalu melihat ke arah masa depan."

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section