1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

I.K.Y.K, Modest Wear yang Terinspirasi dari Telepati Wanita

I.K.Y.K memiliki filosofi tersendiri yang menggambarkan pemikiran wanita saat dia pertama kali memperhatikan pakaian wanita lainnya.

By Dian Rosalina 24 Maret 2016 09:30
Desainer I.K.Y.K, Anandia Marina Putri (Money.id/Dian Rosa)

Money.id - I.K.Y.K adalah sebuah singkatan 'I Know, You Know' yang dibangun oleh Anandia Marina Putri sejak tahun 2011 silam. Memang terdengar sulit, namun I.K.Y.K memiliki filosofi tersendiri yang menggambarkan pemikiran wanita saat dia pertama kali memperhatikan pakaian wanita lainnya yang terlihat unik.

"Seperti telepati. Aku melihatnya dari segi penglihatan para wanita saat mereka melihat pakaian yang digunakan oleh wanita lain yang menurut mereka bagus. Pernah kan kamu merasa tatap-tatapan dengan orang seperti itu, nah itu dia telepati. Itu yang buat penasaran," kata Putri kepada Money.id, Kamis 23 Maret 2016 di Workshop I.K.Y.K di kawasan Jakarta Selatan.

Tidak hanya itu, saat masih bekerja, sahabat dari desainer Anggi Asmara ini juga suka bercanda mengeluarkan satu kata dari pemain sitkom 'F.R.I.E.N.D.S', Monika.

"Dia itu sering mengeluarkan kata 'I KNOW!' jadi arti kata itu seperti menekankan sesuatu. Akhirnya teman-teman aku menyarankan memakai kata-kata tersebut, karena sering aku tiru juga. Teman-teman pun akhirnya menyarankan 'I Know You Know', jadi sama-sama tahu," ujar dia.

I.K.Y.K khusus diperuntukkan bagi para wanita dari umur 25 tahun ke atas. Wanita yang mulai berhijab sejak SMA ini, memilih modest wear sebagai ciri khasnya.

"It's should be modest, karena aku pakai hijab juga kan. Tida hanya itu sih aku juga suka dengan Asian Culture, yang inspirasinya kebanyakan dari Jepang, Korea, Indonesia, dan India. Uniknya siluetnya lebih ke loose, dan cocok digunakan untuk bentuk tubuh manapun," kata Putri.

Di balik itu semua, Putri menyisipkan sebuah pesan untuk para pembelinya yang rata-rata tidak menggunakan hijab. Bahwa orang yang tidak menggunakan hijab pun masih bisa tampil gaya dengan balutan busana modest wear.

Oleh sebab itulah semua model yang digunakan dalam kampanye I.K.Y.K adalah berasal dari teman terdekatnya seperti Ayla Dimitri dan Julia bahkan konsumennya. Tak hanya mendesain pakaian saja, Putri pun memperhatikan penjualannya.

"Misalnya model asing yang pakai, kadang tidak sesuai seperti tangannya menggantung padahal kalau digunakan oleh orang Indonesia bisa panjang," ujar dia.

Pakai bahan natural

Setiap kali mengeluarkan koleksi terbaru, para desainer membutuhkan waktu yang panjang, entah itu dari pengerjaan dan ide. Hal itu juga dialami oleh Putri saat mengerjakan koleksi-koleksinya.

Ia mengaku bahwa membutuhkan waktu selama tiga bulan dalam proses pembuatan satu musim koleksi. Namun untuk fashion show, ia harus mengerjakannya lebih lama yaitu enam bulan.

Wajar jika pengerjaannya sangat panjang, karena beberapa bahan yang digunakan terbuat dari woven, dan anyaman yang berasal dari Yogyakarta dan Bali.

"Sebenarnya aku suka yang enak digunakan, aku juga pakai bahan yang tidak biasa, kalau cocok sama desainnya aku suka coba pakai bahan yang tidak bisa gitu. Tetapi aku suka campur dengan bahan-bahan yang menyerap keringat dan adem seperti katun dan polyester," kata dia.

Tidak heran bila setiap koleksi I.K.Y.K ditawarkan mulai dari Rp400 ribu hingga Rp1,08 juta. Bahkan desainnya sering digunakan oleh artis-artis ternama Ibu Kota seperti Andien, Titi Dj, Luna Maya, Shireen dan Zaskia Sungkar, Laudia Chytia Bella, Agnes Monika, Laura Basuki, dan Dian Sastro. (poy)

Baca juga:

Bingung Pilih Busana Nikah? Nih Tips Jitu dari Desainer Anggi

Dian Pelangi, Desainer Fashion Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

BELSBEE, Toko Penyewaan Gaun Karya Desainer Lokal

Anak Korban Bully Ini Sukses Jadi Desainer Cilik Terkenal

Mengenal Anggi Asmara, Desainer Kebaya Muda Indonesia

 

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section