1. HOME
  2. STYLE & LOOK
FASHION

Punya Sepatu Converse Putih? Ini Cara Membersihkan yang Tepat

Sepatu dengan bahan kanvas ini terkadang mudah kotor di sisi-sisinya. Diperlukan beberapa langkah khusus agar tidak cepat rusak.

By Dian Rosalina 31 Maret 2016 07:31
Sepatu Converse Putih (Tumblr)

Money.id - Converse adalah salah satu merek sepatu yang masih populer saat ini. Bahkan menjadi sebuah merek sepatu paling terkenal sepanjang masa.

Desainnya yang tidak berbeda jauh dari desain awal menjadikan sepatu ini bisa dibilang klasik. Modelnya yang bisa digunakan di setiap kesempatan membuat sepatu Converse masih digandrungi oleh semua kalangan, mulai dari anak muda hingga orang dewasa.

Namun terkadang saking seringnya digunakan, membuat para pemiliknya lupa untuk merawat sepatu tersebut. Bahkan banyak sepatu Converse mereka sangat kotor, salah satunya adalah Converse berwarna putih.

Sepatu dengan bahan kanvas ini terkadang mudah kotor di sisi-sisi sepatunya. Dan itu membuat pemakai sepatu ini merasa malas membersihkannya karena tidak mau sepatunya sampai rusak.

Dikutip dari Wikihow, Kamis, 31 Maret 2016, berikut ini adalah cara membersihkan sepatu Converse putih Anda tanpa merusak serat kain dan menjadikannya baru kembali.

  • Pertama lepaskan tali sepatu Converse, kemudian cuci secara terpisah dengan sepatu. Rendam di dalam ember dengan air sabun hangat selama beberapa saat.
  • Bilas sepatu dibawah air mengalir atau siram di dalam ember berisi air. Gunakanlah air dingin bukan air hangat, ini untuk mencegah noda dan warna putih menjadi pudar.
  • Ketiga, buatlah pasta dengan menggunakan baking soda dan cuka. Kombinasikan baking soda dan cuka putih di dalam mangkuk hingga membentuk busa pasta yang tipis.
  • Tuangkan dua sendok makan baking soda dengan tiga sedok makan cuka. Bisa juga Anda atur sedemikian rupa agar membentuk pasta.┬áSebisa mungkin jangan menggunakan mangkuk logam atau sendok, karena logam akan bereaksi pada cuka. Selain itu Anda juga bisa memakai deterjen yang ringan agar lebih efektif.
  • Lalu gosokkan pasta tersebut dengan menggunakan sikat gigi atau sikat kuku ke seluruh permukaan sepatu. Bersihkan sisi-sisi yang kotor dulu, sebelum ke sisi yang tidak terlalu kotor, kemudian bilas dengan air dingin.
  • Setelah itu keringkan sepatu dengan diangin-anginkan. Sepatu Converse yang baru dicuci lebih baik dikeringkan di udara, apalagi dengan sinar matahari. Selain dapat mengeringkan sepatu lebih cepat, cahaya matahari memiliki efek pemutih alami. Usahakan jangan menggunakan mesin pengering karena akan menghilangkan bentuk dari sepatu.

Agar lebih jelas cara mencuci sepatu Converse putih, dibawah ini adalah tutorial cara membersihkan sepatu Converse.

How to Clean White Converse! EASY No Bleach

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Style & Look Section