1. HOME
  2. DIGITAL
APPLE

Waspada, iOS Versi Terbaru Bisa Buat iPhone Anda Error

Hal ini akan terjadi bila iPhone anda....

By Nur Chandra Laksana 6 Februari 2016 13:28
iPhone 6 (apple.com)

Money.id - Mahalnya biaya perawatan dan reparasi produk Apple membuat para konsumen putar otak. Tak jarang mereka mencari tempat service di luar toko resmi Apple. 

Namun, kini Anda harus berhati-hati jika service perangkat Apple di luar service resmi. Karena perusahaan elektronik asal Amerika Serikat itu telah memiliki sistem yang dapat mengetahui perangkat anda diservice di luar toko resmi Apple. 

Dilansir dari laman The Guardian, Apple dapat mendeteksi perangkat yang diperbaiki di luar toko resmi Apple. Caranya adalah, saat anda memperbaharui sistem operasi ke versi yang lebih baru, sang sistem operasi akan mendeteksi apakah ponsel ini pernah diperbaiki di luar toko resmi atau tidak.

Jika sistem tersebut mendeteksi ada gejala ponsel tersebut telah melakukan reparasi di luar toko resmi Apple, maka sistem tersebut akan mengirimkan kode ‘Error 53’, dimana iPhone anda akan dinonaktifkan dari sistem – atau dengan kata lain dibuat dalam keadaan ‘Brick’—dan dengan segera menghapus seluruh data anda.

Pihak Apple sendiri sudah mengkonfirmasi kebenaran hal ini. Mereka melakukan hal ini dengan alasan ‘keamanan’.

Keamanan yang dimaksud oleh pihak Apple adalah, penggantian tombol home yang memikiki pemindai sidk jari diatasnya tidak melalui toko resmi Apple dikhawatirkan akan terjadinya “bypass” keamanan, yang memungkinkan terjadi pencurian data dalam ponsel tersbut.

Jadi, jika anda salah satu yang memiliki iPhone dengan pemindai sidik jari, sepertinya anda harus berpikir dua kali untuk membawa iPhone anda ke toko reparasi tidak resmi saat iPhone anda mengalami kerusakan.

Lebih baik membayar lebih mahal sedikit dibandingkan iPhone anda akan terdeteksi dan dibuat ke keadaan brick bukan?

Baca Juga

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section