1. HOME
  2. DIGITAL

Pasar Komputer Lesu, 'Mega Bazar 2016' Tetap Didukung Pemerintah

Menurut data Apkomindo, penjualan komputer di Indonesia mengalami penurunan 34 persen sejak dua tahun terakhir.

By Adhi 4 Februari 2016 19:31
Ketua Umum Apkomindo, Soegiharto Santoso (Kominfo.go.id)

Money.id - Di tengah lesunya pasar komputer di Indonesia, Dyandra Promosindo selaku salah satu penyelenggara pameran tersohor di Indonesia bersinergi dengan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tetap berpegang dengan komitmen memajukan industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Sinergi ketiganya akhirnya mempertahankan keberlangsunga pameran Mega Bazar 2016. Pameran yang telah memasuki usianya yang ke-22 ini rencananya akan digelar pada 2-6 Maret 2016 mendatang di Jakarta Convention Center (JCC).

Menurut data Apkomindo, penjualan komputer di Indonesia mengalami penurunan 34 persen sejak dua tahun terakhir, sedangkan penjualan ponsel cerdas justru meningkat pesat sebesar 59 persen.

Penyelenggaraan Mega Bazaar tahun ini diharapkan menjadi satu momen strategis untuk meningkatkan optimisme para pelaku usaha TIK, dari tingkat vendor, distributor, master diler, hingga reseller, serta para konsumen.

Apkomindo memprediksi penjualan komputer akan naik sekitar 10–15 persen pada kuartal pertama 2016.

Soegiharto Santoso, Ketua Umum Apkomindo menyatakan bahwa persaingan bisnis dengan pemanfaatan teknologi akan semakin ketat.

"Semakin maraknya perusahaan startup yang menjual layanan berbasis digital hingga bisnis online perorangan akan semakin kompetitif dan tentunya bisa mendorong perkembangan industri teknologi informasi dan komunikasi secara umum di Tanah Air, oleh karenanya di pameran kali ini selain memberikan update tentang teknologi baru dari berbagai vendor," kata pria yang akrab disapa 'Hoky' itu.

Hoky menambahkan, tahun 2016 dianggap sebagai tahun berkembangnya teknologi digital di Indonesia.

Semakin meratanya layanan internet cepat 4G LTE, tentu akan semakin membantu berbagai aktivitas masyarakat menjadi lebih digital.

Baik untuk bisnis maupun sosial, hingga pemanfaatan dalam peningkatan pelayanan publik dan pemerintah.

Saat ini, peran kepemimpinan digital (digital leadership) juga semakin memperkuat perubahan dinamika masyarakat digital.

Para pemimpin publik maupun perusahaan semakin sadar akan pentingnya penggunaan teknologi dalam memperkuat layanan untuk masyarakat. (poy)

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section