1. HOME
  2. DIGITAL
APPLE

Pabrik iPhone Kebakaran!

Foxconn selaku salah satu manufaktur terbesar di China memang dinilai kerap mengabaikan faktor keselamatan pekerja.

By Adhi 26 Januari 2016 16:37
Buruh pabrik Foxconn (cultofmac.com)

Money.id - Kabar buruk menimpa Apple. Pabrik milik Foxconn di Zhengzhou, China, dilaporkan dilalap 'Si Jago Merah'. Pabrik ini sendiri merupakan fasilitas pusat produksi smartphone andalan Apple, iPhone.

Dilansir laman Techcrunch, Selasa 26 Januari 2016, juru bicara Foxconn menjelaskan bahwa kebakaran ini berasal dari sistem pendingin ruangan yang kemudian menyebar ke beberapa bagian pabrik yang lainnya. Untungnya, tidak ada korban jiwa yang jatuh pada musibah kali ini.

Sebelumnya, pabrik Foxconn untuk memproduksi iPhone juga sempat mengalami kebakaran pada Mei 2011. Pabrik yang berlokasi di Chengdu, China itu terjadi akibat ledakan bahan baku mudah terbakar dan memakan 3 korban jiwa.

Foxconn selaku salah satu manufaktur terbesar di China memang dinilai kerap mengabaikan faktor keselamatan pekerja. Tim BBC pada 2014 silam sempat merilis sebuah rekaman video tersembunyi yang menunjukkan betapa buruknya kondisi kerja buruh pabrik Foxconn.

Pengambilan video secara tersembunyi ini merupakan bagian dari program dokumenter BBC Panorama. Dalam video dokumenter tersebut terlihat bagaimana para buruh perakit iPhone tertidur di jalur perakitan karena kelelahan.

Kondisi seperti itu tidak saja terjadi di satu pabrik. Tim BBC Panorama menemukan kondisi serupa di tiga pabrik perakit iPhone.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section