1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Presiden Umumkan Paket Ekonomi Jilid III, Harga BBM Turun?

Sore ini Presiden Jokowi beserta para menteri akan mengumumkan paket kebijakan ekonomi jilid III di Istana Negara.

By Dwifantya Aquina 7 Oktober 2015 16:15
Menteri ESDM Sudirman Said (Setkab.go.id)

Money.id - Presiden Joko Widodo akan mengumumkan paket kebijakan ekonomi jilid III di Istana Negara sore ini, Rabu 7 Oktober 2015. Paket jilid III mencakup soal investasi, pembiayaan, dan daya beli masyarakat.

Dalam paket kebijakan ini, salah satu yang dibahas adalah terkait kebijakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan, presiden telah memberikan tiga arahan terkait dengan bidang energi. Pertama, pemerintah harus mencari cara untuk memberi stimulus pada industri karena menggerakkan ekonomi.

“Jadi orientasi kita pada bagaimana mendorong energi untuk industri supaya mendapat tarif yang kompetitif,” kata Sudirman Said, di Kantor Presiden, Jakarta, seperti dikutip dari laman Setkab.go.id.

Terkait urusan subsidi, menurut Sudirman, Presiden Jokwi berpesan harus konsisten bahwa pemerintah sudah mengalihkan subsidi pada sektor yang lebih produktif.

Presiden Jokowi juga menegaskan komitmennya untuk tidak mengintervensi badan usaha. “Jadi kebijakan apapun disebabkan karena efisiensi, bukan ‘dipaksa’ oleh pemerintah,” ujar dia.

Pemerintah, lanjut Sudirman, sepakat bahwa Pertamina tidak boleh terus menanggung kerugian. Karena itu, yang harus dilakukan adalah meningkatkan efisiensi, dan berapapun harganya harus mendekati harga dunia.

Saat ditanya wartawan mengenai kemungkinan perubahan harga, baik listrik, gas, maupun BBM, Sudirman menegaskan, perubahan itu harus didasari pada efisiensi bukan karena dipaksa oleh pemerintah.

“Pemerintah ingin melihat badan usaha kita sehat dan kompetitif,” tuturnya.

Jadi, apakah harga BBM akan turun?

"Itu mungkin yang sore nanti akan dikenalkan (diumumkan), katanya pukul 16.30 WIB. Turun tidaknya (harga BBM) tunggu nanti sore," kata Sudirman.

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section