1. HOME
    2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Kisah Jatuh Bangun Jokowi Jadi Pengusaha Furnitur

"Yang paling penting kalau ingin usaha langsung mulai, jangan tunggu-tunggu, jangan takut-takut,” kata Jokowi.

By Dwifantya Aquina 16 Februari 2016 12:07
Presiden Joko Widodo (Merdeka.com)

Money.id - Joko Widodo atau yang akrab disapa dengan Jokowi, memiliki latar belakang seorang pengusaha, sebelum akhirnya kini menjabat sebagai Presiden RI. Ia berangkat mengembangkan usahanya dari Kota Solo.

Jokowi muda mengembangkan bisnis mebelnya dari nol sejak tahun 1988, hingga berhasil mengekspor hasil produksinya hingga ke luar negeri. Tentu banyak pengalaman dalam dunia bisnis yang bisa diambil dari perjalanan kariernya sebagai pengusaha.

Jokowi mengakui, masih banyak anggapan di masyarakat yang menyebutkan bahwa, untuk menjadi seorang wirausaha tidak harus memiliki modal finansial yang kuat. Namun, menurutnya yang terpenting adalah keberanian untuk memulai.

“Banyak orang yang mengatakan untuk wirausaha harus punya modal dulu, tapi menurut saya tidak, yang paling penting kalau ingin usaha langsung mulai, jangan tunggu-tunggu, jangan takut-takut,” kata Jokowi suatu ketika.

Mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini, dalam beberapa kesempatan, mengisahkan dirinya berasal dari masyarakat miskin yang hidup di bantaran sungai di kota kelahirannya dan kemudian memutuskan berwirausaha. Dengan kegigihan yang dimilikinya, maka Jokowi bisa membangun usaha mebelnya.

"Saya anak tak mampu, saya tinggal di bantaran kali, empat kali saya digusur," kata Jokowi beberapa waktu lalu.

NEXT: Kerja dari subuh sampai subuh

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section