1. HOME
  2. INSPIRATORY
KISAH INSPIRATIF

Tiga Pengusaha Wanita Inspiratif di Indonesia

Bisnis dijalankan para pengusaha wanita ini tidak jauh dengan kodratnya sebagai kaum hawa.

By Rohimat Nurbaya 3 Februari 2016 11:03
Martha Tilaar (www.marthatilaargroup.com)

Money.id - Banyak wanita Indonesia sukses di bidang usaha, mereka bisa mengembangkan usahanya hingga mancanegara. Bisnis dijalankan para pengusaha wanita ini tidak jauh dengan kodratnya sebagai kaum hawa, mereka menekuni bidang kecantikan dan fashion.

Dari sekian banyak pengusaha wanita di Indonesia, ada tiga orang yang dianggap sebagai inspirator di bidang bisnis. Berikut daftarnya.

1. Martha Tilaar

Martha Tilaar merupakan salah satu pengusaha wanita asal Indonesia paling terkenal. Dia merupakan pemilik perusahaan kosmetik Sari Ayu.

Perusahaan itu didirikan sejak 1977, awalnya merupakan produk rumahan. Kemudian setelah 10 tahun bergerak pada industri kecil, Martha Tilaar mulai mendirikan pabrik kosmetik pertamanya.

Usahanya berlanjut terus hingga ia mampu bersaing dengan produk kosmetik lain dari mancanegara.

Kegigihan dan keuletannya mengembangkan Sari Ayu menjadikan Martha Tilaar dianggap masuk dalam daftar wanita Indonesia yang paling berpengaruh.

2. Josephine Komara

Josephine Komara merupakan seorang pakar tekstil batik di Indonesia, lebih dikenal dengan nama Obin. Dia meninggal pada 2013.

Karena ketekunan dalam mendalami batik dan mempromosikannya, wanita ini sering disebut 'harta karun nasional'.

Obin merupakan pendiri dan pemilik gerai batik bernama 'Bin House' yang didirikan sejak 1986. Ketertarikannya pada dunia batik membuatnya berkeliling dunia untuk mengenalkan batik.

Obin juga dikenal sebagai sosok yang rendah hati, meski hasil karyanya sudah menghiasi museum-museum di dunia.

3. Kartini Muljadi

Awalnya Kartini Muljadi merupakan seorang hakim dan notaris. Bagi Kartini penghasilan profesi tersebut masih kurang, dia ingin mendapatkan penghasilan lebih dan memilih jadi pengusaha.

Selain mendirikan kantor pengacara dan biro jasa hukum sendiri bernama "Kartini Muljadi & Rekan" kemudian dia melebarkan sayap dengan membuka perusahaan obat-obatan, namanya 'Tempo Scan Pacific'.

Selain itu, Kartini dan anak-anaknya mendirikan perusahaan di berbagai bidang, dari usaha tersebut dia dinobatkan sebagai wanita Indonesia paling kaya versi majalah Forbes.

(Berbagai sumber)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section