1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Faktor yang Bikin Panik Saat Tak Pegang Ponsel

Coba pikir lagi, sudah berapa lama Anda memegang si ponsel pintar hari ini?

By Dian Rosalina 19 November 2015 13:37
Ilustrasi Kecanduan Handphone (idigitaltimes.com)

Money.id - Tak bisa dipungkiri, teknologi menawarkan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Dipastikan fitur-fitur dalam smartphone atau ponsel pintar yang dimiliki, membuat Anda ketergantungan.

Mungkin Anda beranggapan, kehadiran gadget semata-mata demi kesenangan, dinilai bukan sebuah kebiasaan atau bahkan ketergantungan. Coba pikir lagi, sudah berapa lama Anda memegang si ponsel pintar, untuk hari ini saja ?

Dilansir dari Cosmopolitan, Kamis 19 November 2015, mungkin tanda berikut ini bisa menunjukkan, apakah Anda benar-benar ketergantungan dengan ponsel pintar tersebut atau tidak.

Sering Terbangun Tengah Malam
Ini adalah indikasi pertama. Anda kemungkinan gelisah karena khawatir mendapat notifikasi dari ponsel Anda. Hal tersebut semakin parah bila jarak waktu terbangun Anda setiap 10 menit.

Oleh karena itu, jauhkan ponsel dari jangkauan Anda ketika sedang tidur. Selain tidak baik untuk mata, hal tersebut bisa membuat Anda kesulitan tidur nyenyak.

Panik
Handphone mungkin alat komunikasi yang paling Anda butuhkan saat ini untuk berkomunikasi dengan orang dalam jarak yang jauh. Tapi pernahkah Anda terpikir untuk meninggalkan handphone seharian dirumah? Bila yang Anda rasakan adalah kepanikan, Anda sudah mengidap gangguan kecemasan.

Selalu Digenggam
Kemanapun Anda pergi, ponsel selalu digenggam erat, meskipun Anda hanya mengecek aplikasi-aplikasi lalu keluar atau berpura-pura sedang SMS agar tidak 'mati gaya' saat Anda sendirian.

Cari Tempat Isi Baterai
Saat melihat layar handphone yang menunjukkan angka baterai kurang dari 30 persen, jantung berdebar dan kekhawatiran langsung hinggap dipikiran Anda. Tanpa alasan yang jelas, Anda tidak merasa nyaman karena hal itu, dan tidak ingin membuat ponsel kehabisan baterai.

RAM atau Memori Eksternal
Pertama kali ingin membeli gadget yang diperhatikan, selain kecanggihan fitur-fitur adalah seberapa banyak memori dalam ponsel tersebut bisa menampung data. Namun ketika sudah banyak data terisi, Anda malah merasa RAM tersebut masih cukup besar menyimpan data.

Demikian pula dengan memori internal sebesar 3 gigabytes dan eksternal sebesar 32 gigabytes sekalipun, Anda tidak akan pernah puas. Hal itu dapat menggangu dan membuat Anda cemas.

Pilih Dompet yang Hilang
Bila diberikan sebuah pilihan, Anda lebih memilih kehilangan dompet daripada kehilangan ponsel kesayangan. Hati-hati ini merupakan indikasi yang menunjukkan Anda tak bisa dipisahkan dari alat komunikasi tersebut.

Rajin Cek Media Sosial
Tak dapat dipungkiri, media sosial sangat membantu Anda berhubungan dengan dunia luar, mengetahui isu-isu terkini, dan bisa berbagi kegiatan Anda dengan orang lain. Tetapi apakah Anda sanggup sehari tanpa membuka Twitter, Instagram, Snapchat, Path, atau Facebook? Bila jawabannya tidak, Anda sudah kecanduan!

Ketergantungan ponsel pintar juga terlihat dari kebiasaan Anda mengecek notifikasi, meski tak ada pemberitahuan dari media sosial. Anda berkali-kali mengeceknya, setiap lima atau 20 menit menit.

Ponsel 'Teman' Makan
Anda akan berpikir, saat makan tidak ada ponsel adalah hal terburuk yang pernah Anda alami. Mungkin itu disebabkan karena Anda terlalu adiktif menggunakan si ponsel pintar. Banyak alasan yang dilontarkan, agar Anda bisa tetap memegang ponsel kesayangan bukan?

Ponsel dan Kamar Mandi
Beberapa orang mengatakan membawa ponsel saat mandi merupakan hal menyengkan, karena dapat digunakan memutar musik dan menemani Anda. Tapi bukankah itu aneh? Anda sudah membawa alat komunikasi itu dimana pun Anda berada. Bagi Anda yang gemar membawa ponsel ke kamar mandi, pikirkan lagi deh! Bukankah berisiko rusak karena terkena air? (Stella/ary)

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section