1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ingin Sukses Diet? Ikuti Tips Ini

Kunci diet sehat adalah harus menyeimbangkan kalori yang masuk dengan kegiatan yang dijalani.

By Dian Rosalina 17 November 2015 12:15
Ilustrasi Diet (Lepfitness.co.uk)

Money.id - Demi mendapatkan tubuh yang sehat, makan makanan yang sehat seimbang merupakan bagian terpenting.

Meski sedang melakukan diet, Anda tidak harus mengurangi porsi makan. Cukup mengatur dan menjaga pola makan.

Dikutip dari NHS, Selasa 17 November 2015, kunci diet sehat adalah harus menyeimbangkan kalori yang masuk dengan kegiatan yang dijalani.

Disarankan untuk pria memiliki sekitar 2.500 kalori per hari sedangkan wanita sekitar 2.000 kalori per hari.

Lalu apa saja yang harus dikonsumsi ketika diet agar tubuh tetap sehat? Nah, berikut ini adalah tips untuk membantu Anda memberikan pilihan makanan yang sehat saat diet.

Sarapan

Penting diingat bahwa makan pagi atau sarapan diperlukan untuk menjaga tubuh agar tetap aktif dan berenergi.

Beberapa orang mempunyai pandangan yang salah, yaitu melewatkan sarapan dapat membantu menurunkan berat badan.

Justru itu salah, sarapan yang sehat merupakan bagian terpenting dari diet seimbang. Sepiring sereal rendah gula bisa menjadi pilihan yang tepat untuk sarapan lezat dan bergizi.

Minum teratur

Jangan biarkan diri Anda menjadi haus. Sebisa mungkin Anda perlu minum sekitar dua liter air setiap hari agar tidak dehidrasi.

Dalam hal ini, minuman bersoda, dan beralkohol tidak dihitung, tetapi susu rendah lemak dan air putih bisa menjadi pilihan yang sehat.

Makanan mengandung tepung

Untuk mendapatkan makanan yang sehat, makanan yang mengandung tepung bisa jadi pilihan. Termasuk kentang, sereal, pasta, nasi, dan roti.

Pilihlah makan yang terdapa gandum di dalamnya atau kentang karena makanan tersebut mengandung lebih banyak serat dan dapat membantu Anda merasa kenyang.

Banyak orang yang berpikir bahwa makanan yang mengandung tepung dapat menggemukkan, tetapi karbohidrat yang terkandung ternyata kurang dari setengah kalori yang ada pada makanan berlemak.

Untuk itu setidaknya siapkan satu makanan bertepung saat Anda sedang menyantap makanan utama, ya!

Makan banyak sayuran dan buah

Anda pasti sudah mengetahui untuk mendapatkan tubuh yang sehat harus lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah.

Setidaknya makan lima porsi dari berbagai jenis buah dan sayuran dalam sehari. Buatlah segelas jus buah tanpa gula, dan sayuran yang dimasak ke dalam piring Anda itu bisa dihitung sebagai satu porsi.

Makan ikan lebih banyak

Ikan merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak vitamin serta mineral. Setidaknya Anda harus memakan dua porsi ikan dalam seminggu termasuk ikan yang mengandung minyak sehat.

Misalnya seperti ikan yang terdapat banyak lemak omega-3, itu bisa membantu penyakit jantung.

Anda bisa pilih ikan yang segar, beku atau kalengan. Namun perlu diingat bahwa ikan kalengan atau ikan asap mengandung banyak garam.

Ikan yang berminyak antara lain salmon, makarel, trout, herring, tuna segar, sarden, dan pilchard.

Bila tidak terlalu suka ikan yang berminyak cobalah makan ikan haddock, plaice, coley, cod, tuna kaleng, skate, dan hake.

Lemak jenuh dan gula

Semua orang memerlukan lemak dalam makanan yang disantap. Tetapi perlu untuk memperhatikan jumlah dan jenis lemak yang Anda makan.

Bila terlalu banyak lemak jenuh, bisa meningkatkan jumlah kolestrol dalam darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Lemak jenuh biasanya ditemukan dalam keju, kue, biskuit, sosis, krim, mentega, dan pai.

Untuk pilihan yang sehat, gunakan sedikit saja minyak sayur, kemudian ketika memakan daging, potonglah dengan ramping, serta kurangi makan dan minuman yang manis.

Mulailah untuk memeriksa label makanan kemasan yang Anda beli. Bila lebih dari 22.5 gram dari total gula per 100 gram makan makanan tersebut tinggi gula. Namun bila 5 gram dari total 100 gram itu berarti makanan Anda rendah gula.

Makan sedikit garam

Agar diet berhasil, kurangilah konsumsi garam. Karena sekitar tiga perempat dari garam yang Anda makan sudah dikonsumsi dari makanan yang dibeli.

Seperti sereal, sup, roti, dan saus. Makan makanan banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah Anda yang bisa memicu penyakit jantung dan stroke.

Seperti halnya gula, Anda bisa memeriksa label tiap makanan kemasan yang dibeli untuk membantu mengontrol kadar asupan garam.

Dewasa dan anak di atas 11 tahun harus mengonsumsi garam tidak lebih dari 6 gram sehari. Bila dalam makanan kemasan terdapat lebih dari 1.5 gram per 100 gram itu berarti makanan tersebut tinggi garam.

Aktivitas fisik

Aktivitas fisik dapat membantu Anda untuk menjaga berat badan agar tetap sehat. Aktivitas tersebut tidak harus berhubungan dengan olahraga, fitnes atau senam. Anda bisa menemukan cara lain, kok.

Sebagai contoh, bila Anda menggunakan jasa angkutan umum sehari-hari, cobalah turun di tempat yang agak jauh ditempat pemberhentian Anda biasanya, dan mulailah berjalan. Itu bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes tipe dua. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section