1. HOME
  2. FRESH
FRESH

7 Mitos Salah Tentang Diet

Namun mayoritas wanita yang sedang diet tidak tahu mengenai fakta sebenarnya dalam menjalani diet tersebut.

By Dian Rosalina 19 November 2015 11:52
Ilustrasi Diet (everydayhealty.com)

Money.id - Diet adalah salah satu cara yang menurut kebanyakan orang lebih ampuh dan aman dibanding produk-produk penurun berat badan. Namun tidak semua wanita tahu fakta yang benar seputar diet. 

Dikutip dari Shape, Kamis 19 November 2015, banyak perempuan cukup yakin bahwa mereka tahu segalanya mengenai lemak, karbohidrat, dan rasa lapar. Ada baiknya Anda bisa membedakan fakta dan mitos seputar diet ini. Berikut ini adalah mitos-mitos umum yang masih dipercayai secara umum:

Hanya makan saat lapar
Banyak yang beranggapan bahwa saat berdiet, Anda lebih baik makan ketika Anda merasa lapar saja, padahal tidak demikian. Para peneliti di National Weight Control Registry (NWCR) melaporkan bahwa mengontrol jarak waktu makan Anda adalh kunci keberhasilan menurunkan berat badan. Mulailah dengan sarapan dengan gizi yang seimbang.

Orang yang berhasil mempertahankan berat badannya adalah orang yang dapat menjaga pola makan makanan bergizi setiap empat sampai lima jam setiap harinya. Kontrollah jumlah kalori yang Anda makan, itu lebih baik daripada harus merasa kelaparan.

Semua makanan baik dikonsumsi
Makanan yang baik adalah makanan yang dimasak secara benar dan mengandung banyak vitamin juga mineral. Tidak semua makanan baik dikonsumsi saat diet, misalnya keripik kentang, atau kue kering yang membuat Anda tidak bisa berhenti memakannya.

Bukan berarti Anda tidak bisa menikmati makanan, tetapi harus dalam porsi yang wajar dan fokuslah pada makanan sehat segar dan dapat memotivasi diet Anda.

Diet rendah kalori hilangkan kalori dalam tubuh
Banyak orang yang percaya bahwa seseorang bisa mengeluarkan fragmen lemak atau keton dalam urine saat Anda menjalani diet karbohidrat. Sebuah studi yang dilakukan oleh Virginia Polytechnic Institute dan State University di Blackburg tidak menemukan hubungan antara tingkat keton urin dan perubahan berat badan.

Mengurangi konsumsi karbohidrat adalah hal yang wajar, tapi seringkali orang yang diet berakhir dengan tidak mengonsumsi karbohidrat.

Makanan sehat mahal
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Mary Imogene Basset Research Institute di Cooperstown, New York, orang yang menjalani diet jantung sehat, hanya mengeluarkan biaya sebesar US$8 atau Rp109 ribu tiap minggunya.

Makanan diet seimbang harganya jauh lebih murah daripada makanan cepat saji yang biasa Anda beli. Mulailah menukar daging dengan kacang-kacangan, membeli buah dan sayur seperti apel, jeruk, wortel, bayam, kubis, serta membeli oatmel dan beras dalam jumlah besar.

Diet bisa cegah selulit
Selulit adalah kondisi dimana lemak terperangkap sehingga menimbulkan gumpalan-gumpalan kecil yang terlihat seperti kulit jeruk. Selulit sebagian besar bersarang di paha dan 50 sampai 90 persen diidap oleh kaum wanita.

Namun jangan khawatir, selulit hanya lemak tubuh biasa, tidak ada trik diet rendah karbohidrat atau perawatan yang bisa menghapusnya. Hanya diet kalori yang dikontrol seperti makan makanan sehat dan olahraga yang bisa membantu Anda kehilangan lemak di seluruh tubuh.

Protein ekstra
Faktanya jika Anda berolahraga secara teratur sekalipun, Anda tidak perlu menambah konsumsi protein. Kebanyakan orang-orang seperti orang Amerika mengonsumsi protein lebih dari cukup. Rata-rata 77,5 gram per hari.

Diet Membutuhkan Banyak Kandungan Lemak
Lemak adalah komponen makanan yang paling lambat dicerna oleh tubuh. Sehingga selama bertahun-tahun, makanan yang berlemak membuat pencernaan Anda melambat dan kenyang lebih lama.

Namun penelitian terbaru membuktikan bahwa proporsi gula dan lemak tidak memiliki banyak pengaruh terhadap kenyangnya perut Anda. Terlebih lagi, sebenarnya lemak memiliki dua kali lipat kalori dari protein atau karbohidrat. 

Kenyataannya, protein cenderung membuat orang kenyang lebih lama dan itu lebih baik daripada karbohidrat atau lemak. Untuk tetap kenyang lebih lama, makanlah makanan yang tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section