1. HOME
  2. FRESH
FRESH

7 Cara Tingkatkan Kemampuan Otak

Studi baru mengungkap, melatih kemampuan otak terus-menerus, dapat meningkatkan kualitas hidup..

By Dian Rosalina 17 November 2015 18:07
Ilustrasi Berpikir (tristanazcona.com)

Money.id - Semua orang dilahirkan dengan otak yang dapat terus merevisi dan mengatur ulang diri sendiri. Namun, kita tetap perlu mengasah kemampuan otak terus-menerus.

Studi terbaru menguatkan bahwa melatih otak dapat meningkatkan kualitas hidup. Tak peduli berapa usia Anda, demikian dikutip dari Boldsky, Selasa 17 November 2015, otak tetap terus berkembang selama Anda asah. 

lalu, bagaimana cara mengasah otak yang tepat dan efisien? Laman Boldsky merangkum sebagai berikut:

Olahraga
Siapa sangka, selain membuat tubuh bugar, olahraga dapat meningkatkan kemampuan otak. Berolahraga secara teratur dapat membantu otak untuk bisa bekerja dalam kapasitas terbaik.

Saat melakukan olahraga, sel-sel saraf memproduksi sel baru untuk memperkuat konsentrasi dan melindungi Anda dari kerusakan otak. Kegiatan itu juga memberikan perlindungan pada otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak, dan membantu otak bisa bekerja serta belajar lebih cepat.

Alkohol
Mungkin kedengarannya aneh, tetapi meski berefek sangat buruk bagi kesehatan, mengonsumsi alkohol dalam dosis lebih kecil membantu otak Anda bekerja lebih efisien. Namun, pastikan hanya dosis kecilnya, dan jangan jadikan itu sebuah kebiasaan.

Cek gula darah
Kelebihan gula darah dapat menyebabkan diabetes pada tubuh Anda. Namun terkadang Anda sulit menyimpulkan apakah Anda memang terjangkit diabetes atau tidak.

Jangan tunggu sampai Anda sakit baru Anda memeriksakan tingkat gula darah Anda.

Apa hubungannya dengan otak? Konsumsi obat insulin atau obat yang biasa digunakan oleh penderita diabetes dapat merusak otak Anda. Namun, konsumsi dengan dosis yang tepat justru baik untuk ingatan Anda.

Matikan televisi
Penelitian mengatakan bahwa siaran televisi dapat merubah cara pandang seseorang melihat sesuatu. Bila orang menonton televisi lebih dari dua jam sehari, akan cenderung didiagnosis gangguan perhatian seperti ADHD. Mematikannya dan menggantinya dengan membaca buku membuat otak Anda bekerja secara efisien.

Makanan sehat
Makanan sehat tidak hanya dibutuhkan untuk tubuh tapi juga untuk otak Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak daging, biji-bijian, buah-buahan segar memiliki IQ lebih tinggi dibanding orang yang makan makanan olahan. Makanan olahan malah akan menghancurkan nutrisi alami dalam tubuh.

Kaya omega-3
Beberapa pepatah orangtua mengatakan bahwa bila memakan ikan setiap hari akan membuat otak lebih pintar. Ya. Pepatah tersebut tidak salah, karena memakan ikan salmon, tuna, kenari dan makanan lain yang kaya asam lemak omega-3 dapat meningkatkan aliran darah ke otak serta mengurangi peradangan.

Berhenti merokok
Ini adalah salah satu cara yang paling tepat untuk membuat tubuh lebih sehat, antara lain berhenti merokok. Asupan tembakau bisa menumpulkan otak. Otak yang sehat dapat dilihat dari kecepatan ia bekerja, pemikiran, dan kecepatan berpikir. (ita)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section