1. HOME
  2. FRESH
OPERASI PLASTIK

Mengintip Biaya Permak Tubuh Ala Artis

Ingin wajah lebih tirus, cantik dan tubuh langsing? Siapkan kocek mulai dari Rp5 juta.

By Dwifantya Aquina 19 November 2015 07:03
Ilustrasi operasi plastik (biryorum.com)

Money.id - Demam operasi plastik tak hanya melanda Korea Selatan, namun beberapa negara tetangga lainnya, termasuk Indonesia juga mengikuti tren vermak wajah itu. Bedanya, di Indonesia, orang yang melakukannya tidak terang-terangan mengungkap.

Bagi orang awam, istilah operasi plastik lebih dikenal sebagai operasi kecantikan. Tindakan itu dilakukan agar seseorang menjadi lebih rupawan. Misalnya hidung yang pesek (tidak mancung) dibentuk menjadi mancung.

Padahal selain berfungsi sebagai kosmetika, operasi plastik juga sangat diperlukan ketika seseorang mengalami cacat bawaan seperti mulut sumbing, keloid, atau tubuh yang rusak akibat kecelakaan atau luka bakar.

Biaya operasi plastik dikenal tidak murah. Sebab, selain harus dokter spesialis bedah yang melakukannya, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam menjalaninya.

Tempat operasi plastik dilakukan sangat berpengaruh pada biaya yang dikeluarkan. Misalnya di Indonesia, jika menjalani operasi di rumah sakit atau klinik kecantikan di Jakarta, tentu harga yang dibanderol untuk sekali operasi lebih mahal dari kota lainnya.

Demikian juga jika memilih luar negeri seperti Singapura atau Korea, maka biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal dibandingkan di Indonesia.

Selain itu, bagian tubuh yang akan dibentuk juga mempengaruhi biaya yang dikeluarkan. Semakin tinggi tingkat kesulitannya tentu akan semakin mahal. Menurut berbagai sumber dari kalangan bedah kecantikan, biaya pembesaran payudara di Jakarta berkisar antara Rp45 juta-60 juta, namun jika memilih pembesaran payudara dengan metode stem cell breast augmentation akan lebih mahal, yakni sekitar Rp100 jutaan, karena tingkat kesulitan semakin tinggi.

Prosedur operasi dengan stem cell ini dianggap lebih natural karena menggunakan lemak dari bagian tubuh pasien sendiri. Tujuan dari pemberian stem cell ini tidak lain agar lemak yang disuntikkan dapat tumbuh dengan baik, sehingga payudara tidak mengecil kembali.

Namun, Anda tentu harus berhati-hati ketika memutuskan operasi plastik, jangan hanya karena tergiur biaya operasi yang murah, tapi pastikan bahwa dokter yang Anda pilih adalah spesialis bedah yang mempunyai pengalaman. Jangan tergiur harga murah namun hasilnya membahayakan nyawa karena menggunakan bahan silicon cair yang dilarang digunakan untuk manusia.

Biaya operasi memancungkan hidung di Jakarta normalnya berkisar Rp10 juta-25 juta.

Operasi kecantikan lain yang cukup populer di kalangan wanita adalah double eyelid (membuat lipatan mata sehingga mata tampak lebar), tujuannya adalah menghilangkan mata sipit. Biaya operasi mata ini di Jakarta sekitar Rp5 juta-20 jutaan. Sedangkan operasi membuat dagu lancip (V-line) sehingga wajah tampak lebih tirus biayanya sekitar Rp15 juta-25 jutaan.

Operasi lainnya adalah sedot lemak, menggunakan gelombang radio, biayanya sekitar Rp2 juta-5 juta atau menggunakan sinar laser yang biayanya sekitar Rp15 juta (tergantung banyaknya lemak).

Metode sedot lemak pun banyak sekali ragamnya. Berikut metode yang kerap digunakan oleh para selebriti untuk melangsingkan tubuh.

Tumescent Liposuction – dikenal sebagai prosedur sedot lemak tradisional yang membutuhkan pembiusan umum, sayatan, dan jahitan. Metode ini merupakan cara tercepat untuk menyingkirkan lemak dalam satu sesi saja, tetapi juga yang paling invasif dibandingkan semua teknik sedot lemak.

Liposuction Laser - Pasien yang lebih suka prosedur sedot lemak noninvasif dan kurang lebih tanpa rasa sakit dapat memilih metode ini. Metode yang umumnya lebih aman dari Tumerscent lipo ini menggunakan sinar laser frekuensi tinggi untuk menghancurkan sel-sel lemak pada daerah yang ditargetkan. Metode ini tidak memerlukan pembiusan atau sayatan sehingga tidak memerlukan waktu khusus untuk pemulihan.

Ultrasonic Liposuction – Metode sedot lemak hasil modifikasi ini menggunakan teknologi suara untuk memecah dan menghilangkan lemak yang tidak diinginkan. Cara ini awalnya digunakan untuk menghilangkan lemak pada area yang sulit, seperti pergelangan kaki, betis, lutut, leher, dan dagu. Dan kini digunakan untuk melengkapi terapi tumescent lipo yang memerlukan ketepatan dalam membentuk tubuh.

Selain mempertimbangkan biaya operasi plastik, persiapan mental juga diperlukan oleh seseorang yang merencanakan tindakan bedah ini. Jangan sampai terjadi penyesalan di kemudian hari.

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section