1. HOME
  2. FRESH
INSPIRATORY BISNIS

Martha Tilaar: Saya Pernah Dianggap Gila Karena Jamu

Martha Tilaar mendatangi dukun-dukun beranak untuk meminta resep jamu tradisional, ia tak gengsi meski lulusan luar negeri.

By Azalia Amadea 2 Desember 2015 16:45
Martha Tilaar, ikon pengusaha wanita Indonesia (Money.id/Azalia Amadea)

Money.id - Siapa yang tak kenal dengan Martha Tilaar, founder produk kosmetik lokal Sariayu Martha Tilaar yang telah didirikannya sejak 1983. Ibu dari empat orang anak ini memang lekat dengan dunia wanita, khususnya kecantikan.

Saking tertariknya dengan dunia wanita, Martha Tilaar sempat mengikuti pendidikan kecantikan di Academy of Beauty Culture, Bloomington, Indiana, Amerika Serikar. Setelah lulus ia sempat membuka salon kecantikan di Negeri Paman Sam tersebut. Namun, kecintaannya terhadap Indonesia membuatnya memutuskan untuk kembali ke tanah air pada 1970.

"Saya pernah dianggap orang gila karena seorang lulusan luar negeri mendatangi dukun-dukun beranak di pedesaan hanya untuk mencari resep jamu-jamu khas Indonesia," ujar Martha Tilaar dalam konferensi pers acara Tupperware SheCan Award 2015 di Jakarta, Rabu 2 Desember 2015.

"Namun saya terus berjuang walaupun berat tapi saya semangat untuk mengangkat identitas produk bangsa di kancah internasional, saya dibantu suami saya yang merupakan seorang professor dalam membukukan resep-resep tradisional itu," lanjut istri dari H.A.R Tilaar tersebut.

Saat ini Sariayu Martha Tilaar sudah menjadi sebuah ikon produk lokal yang mendunia. Hingga kini, Sariayu Martha Tilaar memiliki produk kosmetika berkelas seperti Biokos, Belia, Caring Colours, Professional Artist Cosmetics (PAC), Aromatic, Jamu Garden dan masih banyak lagi yang sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Menurutnya, cantiknya orang Indonesia memiliki arti yang berbeda, yaitu pancaran dari dalam diri wanita. "Beauty is an inner and outer from our self," kata Martha.

Ketika ditanya soal rahasia kesuksesannya, Martha mengatakan bahwa wanita harus mandiri dan menjadi diri sendiri.

"Memang berat, tapi semua bisa dilakukan asal kita menjadi wanita 'Djitu'. Djitu maksudnya, pertama 'Disiplin' dalam segala hal, 'Jujur', memiliki 'Iman' yang kuat, 'Tekun' dalam menjalankan bidang usahanya dan terakhir 'Usaha' yang keras. Ditambah wanita harus inovatif dan kreatif dalam mengembangkan kemampuannya" papar dia.

Martha Tilaar juga sangat serius dalam memajukan nama baik wanita Indonesia dengan menjadi pembicara dalam seminar-seminar kecantikan, serta memotivasi wanita-wanita Indonesia.

Wanita yang sudah berusia 78 tahun tersebut juga mengatakan, perempuan Indonesia harus memiliki empat unsur penting dalam dirinya yaitu iman, inovatif, pandai berkomunikasi, dan terus belajar.

"Perempuan itu tangguh dalam keadaan suka dan duka," ucapnya. (dwq)

(da/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section