1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini 5 Fitness yang Ngetren Tahun Depan

Tubuh yang bugar adalah kunci untuk suatu kepercayaan diri dan kebahagiaan

By Putri Nabilla 29 Desember 2015 12:26
Ilustrasi kebugaran fisik ( Huffingtonpost )

Money.id - Mempunyai bentuk badan yang bagus merupakan idaman bagi semua orang. Tak heran, tempat fitness dan gym selalu penuh.

Tentu saja tubuh sehat dan badan yang indah harus diperoleh dengan usaha olahraga secara teratur. Selain itu asupan makanan yang kita konsumsi juga harus diperhatikan. Dengan menyeimbangkan kebutuhan karbohidrat, protein, lemak dan vitamin untuk tubuh.

Latihan kebugaran fisik bisa dilakukan dengan cara bermacam-macam. Seperti yang dilansir dari stylecraze pada Selasa 29 Desember 2015, tubuh yang bugar adalah kunci untuk suatu kepercayaan diri dan kebahagiaan.

Berikut ini adalah tren kebugaran fisik yang akan booming di tahun 2016:

1. Menggunakan teknologi

Olahraga menggunakan perangkat teknologi / stylecraze

Seiring perkembangan zaman, teknologi semakin canggih. Semua aspek kehidupan manusia, kini tak lepas dari teknologi, tak terkecuali olahraga. 

Salah satunya, jam tangan pintar yang bisa mengetahui denyut jantung. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli di University of Chicago mengungkap booming teknologi di dunia kebugaran fisik. Teknologi memang memampukan manusia untuk menghitung secara presisi setiap kecepatan dan energi yang dikeluarkan saat berolahraga.

Selain itu, teknologi dapat membantu dalam improvisasi rencana latihan Anda sehari-hari. Selain itu, teknologi juga membantu Anda dalam mengelola berat badan serta meningkatkan kebugaran fisik.

Pada akhirnya, Anda dapat mengukur dan melihat hasil dari usaha yang Anda lakukan pada perangkat teknologi.

2. High-Intensity Interval Training (HIIT)

Kombinasi latihan fisik / stylecraze

High-Intensity Interval Training merupakan jenis kebugaran fisik yang menggabungkan latihan intensitas tinggi, sedang, atau rendah dalam rentang waktu tertentu. Olahraga ini cocok bagi mereka yang ingin membangun otot dan menghilangkan lemak tanpa harus menghabiskan banyak waktu.

Dalam satu sesi kebugaran fisik, Anda hanya membutuhkan waktu 30 menit.  HIIT bisa meliputi push-up selama 20-30 detik dan diikuti dengan berjalan atau lari-lari kecil selama 60 sampai 90 menit.

Hasilnya bagus untuk metabolisme glukosa dan pembakaran lemak terutama bagi penderita obesitas.

3. Latihan bentuk tubuh

Latihan fisik push-up / stylecraze

Setiap tahun, latihan fisik untuk membentuk tubuh yang ideal selalu populer. Latihan ini memberikan keuntungan dan menjadikan badan lebih fit serta bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, bahkan tidak membutuhkan bantuan peralatan berat.

Tren kebugaran ini meliputi push-up, pull-up, dips, menekuk lutut, dan sit-up. Semua kategori aktivitas ini dapat mengurangi lemak dan membentuk otot. Pilihlah bagian mana yang ingin Anda tonjolkan dan sesuaikan dengan latihannya.

4. Latihan menurunkan berat badan

Survei tahunan American College of Sports Medicine mengungkap, jenis olahraga yang menurunkan berat badan selalu masuk dalam daftar lima besar. Biasanya, olahraga ini disertai diet ketat dan asupan yang sehat.

Latihan kebugaran ini sangat cocok dijalankan orang-orang yang tidak malas, tidak cepat bosan, dan sistematis. Karena dalam menurunkan berat badan ini diperlukan latihan secara teratur dan terus-menerus.

5. Yoga

Aktivitas Yoga / stylecraze

Masalah yang Anda hadapi dalam lingkungan keseharian dan pekerjaan bisa di atasi dengan Yoga. Jenis kebugaran fisik ini akan semakin populer di 2016.

Yoga dapat memperkuat pikiran, tubuh, serta mempertajam konsentrasi Anda. Jika melakukan yoga--termasuk meditasi dan latihan selama satu jam secara teratur--Anda akan mendapatkan hasil luar biasa. Antara lain: awet muda dan cantik alami karena hasil dari rileksasi ketenangan dalam yoga.

Pilihlah jenis kebugaran fisik yang terbaik dari kelima tren di atas sesuai dengan kesibukan Anda. Lalu, praktikkan pilihan Anda itu secara teratur di tahun yang baru.

Dengan begitu, hidup Anda akan jauh lebih sehat dan penuh semangat.   (ita)

(pn/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section