1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Sensasi Pantai Indah di Kota Malang

Ternyata Indonesia memiliki keindahan alam yang tersebar di seluruh kawasan.

By Nur Chandra Laksana 27 Desember 2015 12:00
Pantai Balekambang (sumber : surabaya.panduanwisata.id)

Money.id - Bagi anda penggemar wisata pantai, pasti pilihan anda tidak jauh-jauh dari pulau dewata Bali. Namun bagaimana jika anda sedang mengalami krisis keuangan tapi ingin pergi ke pantai dengan harga yang hemat dan tak kalah indahnya dengan Bali?

Nah, dikutip dari brilio, ternyata di Jawa Timur, masih banyak tempat wisata pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai di Bali. Tentu saja dengan biaya perjalanan dan penginapan yang jauh lebih murah dibandingkan Bali.

Jika penasaran, anda bisa memilih liburan ke pantai mana diantara 15 pantai berikut.

1. Pantai Clungkup

Pantai ini termasuk pantai yang sangat unik. Untuk mencapai pantai ini, kita harus menyusuri perkebunan dan sawah-sawah warga dengan jarak tempuh yang mencapai 30 menit. Namun, perjalan anda ini akan terbayarkan karena pantai ini memang sangatlah indah.

Berlokasi di Desa Sitiarji, Kecamatan Sumermanjing, Wetan, anda memang diharuskan sedikit berjuang menuju pantai indah nan tersembunyi ini.

2. Pantai Kondang Merak

Pamor pantai ini memang sudah tersebar di Malang. Pantai yang memiliki ciri khas berupa lumut yang memang banyak berada di pinggiran pantai tersebut. Selain keindahan pantai, namun terumbu karang yang ada di pantai ini pun sangat indah. Di karang inilah anda bisa melihat banyak dari landak laut, gurita kecil, serta ikan-ikan kecil yang bersembunyi di karang.

3. Pantai Balekambang

 

Lagi, pantai Balekambang memang adalah salah satu pantai tersohor di Malang. Namun banyak orang menyebut pantai ini sebagai Tanah Lot nya Malang. Hal ini dikarenakan kondisi di sekitar pantai ini yang mirip sekali dengan Tanah Lot di Bali.

Jika Tanah Lot di Bali memiliki pura di pulang karang, di pantai ini pun terdapat karang yang serupa. Pulau karang tersebut dinamakan pulau Ismoyo. Bedanya antara Tanah Lot dan Balekambang adalah, anda bisa bermain-main dipantainya, sedangkan di Tanah Lot hanya bisa melihat deburan ombak saja.

Jika anda ingin melihat pesona pantai Balekambang, pantai ini terletak di Desa Srigonco, kecamatan Bantur.

4. Pantai Batu Bengkung

Di pantai Batu Bengkung ini anda akan merasakan sensasi seperti berada di panta-pantai layaknya pulai kecil tak berpenghuni. Diabatsi oleh karang-krang besar, pemandangan ini hanya anda bisa dinikmati di pantai ini. Selain itu, anda juga bisa bersantai menikmati deburan ombak yang lembut di atas pasir yang bersih.

5. Pantai Sendang Biru

Menjadi pusat kegiatan nelayan di Malang tidak menghalangi parmor pantai ini. Selain pantainya yang indah, anda juga bisa menikmati pemandangan yang tidak biasa anda liat di pantai lain, yakni jajaran perahu nelayan yang terparkir di sepanjang pantai.

Jika anda penasaran dan ingin kesana, silahkan datangi pantai ini di  dusun Sendangbiru, desa Tambakrejo, kecamatan Sumbermanjing Wetan dengan perjalanan sekitar 30 km jika ditempuh dari Kota Malang.

6. Pantai Banyu Anjlok

Anjok, dalam bahasa Jawa berarti melompat dari ketinggian. Dari namanya, anda pasti tahu jika datang langsung ketempat ini. Ada sebuah air terjun yang jatuh langsung ke bibir pantai yang membuat suasana yang unik.

Jika anda ingin melihat air terjun yang berasal dari bukit setinggi tujuh meter ini, anda bisa datang keaderah Teluk Kletekan.

7.Pantai Ngliyep

Jika anda menginginkan pantai yang belum terlalu rama, anda bisa mengunjungi pantai ini. Memiliki suasana yang indah dengan pasir putih keemasan dan air laut yang jernih, pantai ini patut anda kunjungi.

Jika anda ingin ke pantai ini, anda harus mengunjungi Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, yang memiliki jarak tempuh sekitar 62 KM dari kota Malang.

8. Pantai Jonggring Saloko

Nama ini memang adalah nama sebuah kawah di Gunung Semeru yang memang sangat terkenal. Namun nama ini juga dipakai untuk memberi identitas pada salah satu pantai di Malang ini. Lokasi Pantai Jonggring Saloko berada di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo.

9. Pantai Sipelot

Memang aneh ditelinga, namun pantai Sipelot menyediakan pantai yang sangat indah. Ombak pantai inicenderung tenang, meskipun notabene pantai ini masuj dalam jajaran pantai Selatan yang terkenal memiliki ombak ganas.

Jika anda ingin mengunjungi pantai ini, anda bisa mengunjungi Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo. Pantai ini juga memiliki fasilitas yang cukup memadai, diantaranya adalah area parkir luas, warung makan, Mushhola, hingga toilet.

10. Pantai Bantol

Memiliki akses yang sulit untuk dilalu, memang menjadikan pantai ini masih sepi kunjungan. Namun jika anda pencinta alam dan menyukai tantangan, maka pantai ini cocok buat anda. Secara administratif lokasi Pantai Bantol masuk wilayah Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo. Di sekitar pantai terdapat sebuah danau air payau serta area hutan mangrove meskipun tidak terlalu luas.

11. Pantai Jembatan Panjang

Seperti yang anda duga, panti ini memang memiliki sebuah jembatan yang melintang diantara dua biah pulau di sekitaran pantai. Namun anda jangan berharap bisa menyebrangi pulau dengan jembatan tersebut karena jembatan tersebut memang sudah rusak.

Konon kabarnya, pembangunan jembatan ini tidak disetujui oleh para mahluk halus disekitar situ. Jadi, setiap pembetulan yang diupayakan untuk merenovasi jembatan tersebut pasti saja cepat rusak.

12. Pantai Licin

Teletak di ujung Timur Kabupaten Malang yang berbatasan dengan Lumajang, pantai ini memang sangatlah unik. Memiliki pasir berwarna hitam, yang katanya adalah pasir bawaan dari Semeru ini memiliki pasir yang cantik. Ditambah terdapat sebuah karang yang menyeruapi gerbang yang pastinya keren dijadikan spot untuk anda berfoto.

13. Pantai Kondang Iwak

Pantai ini juga termasuk pantai yang memang memutuhkan usaha ekstra untuk dicapai. Terdapat di desa Tulungrejo, kita diharuskan menempuh jarak 70 KM dari kota Malang. Namun pemandangan indah pantai ini memang layak untuk dikunjungi.

14. Pantai Lenggoksono

Memiliki kekayaan hasil laut yang melimpah, pantai Lenggoksono memiliki bermacam komoditi penjualan. Lobster, cumi-cumi,  layur, hingga cakalang menjadi bahan yang menandakan kekayaan pantai ini. Jika anda hobi untuk memancin, maka pantai ini adalah pantai yang cocok bagi anda.

15. Pantai Goa China

Memiliki nama asli pantai Rowo Indah, namun ada sebuah peristiwa yang membuat pantai ini berubah nama. Di sekitar pantai ini memang terdapat sebuah Goa yang konon pernah dibuat semedi oelh seorang Cina.

Namun sayangnya orang tersebut ternyata meniggal dunia saat melakukan semedi tersebut. Dari mulai saat itulah pantai ini berubah nama menjadi pantai Goa China. Lokasi pantai ini sendiri berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Suka Artikel Ini? Klik Like

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section