1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Anda Pelupa? Pertajam Ingatan dengan Jogging!

Olahraga dapat menginduksi neurogenesis di otak, yang kemudian melahirkan sel-sel baru.

By Putri Nabilla 23 Desember 2015 08:30
Ilustrasi Jogging (Pixabay)

Money.id - Olahraga tak harus dilakukan di tempat fitness atau pusat kebugaran berbiaya mahal. Anda bisa memilih olahraga lain dengan cara sederhana, seperti bersepeda atau jogging.

Dilansir dari Boldsky, Selasa 22 Desember 2015, sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa jogging atau olahraga apapun dapat mempertajam fokus dan meningkatkan memori Anda, karena adanya sel-sel baru yang diproduksi di otak.  

Generasi sel-sel baru di otak dewasa disebut sebagai neurogenesis. Dalam studi ini, ilmuwan menggunakan dua kelompok tikus. Pertama tikus yang terus bergerak aktif dan kedua berjalan pada roda. 

Setelah beberapa saat, kelompok tikus ini diperiksa dengan cara tertentu, untuk menguji aktivitas otak. Tikus yang aktif, mampu mengenali pola tertentu dengan baik dan peneliti menyimpulkan bahwa olahraga bisa mengubah atau meningkatkan aktivitas otak.

Otak tikus yang berjalan pada roda diperiksa, dan para ilmuwan mengetahui ada beberapa sel yang lahir setelah aktivitas berjalan tersebut. Hasilnya tikus berhasil mengembangkan sistem neuron yang baru. Otak bekerja melalui pemisahan pola ketika telah menganalisis sekitarnya.

Lalu apa manfaat jogging untuk otak?

Berdasarkan penelitian itu, jogging diketahui dapat membuat otak lebih fresh karena adanya neurogenesis. Olahraga dapat menginduksi neurogenesis di otak, yang kemudian melahirkan sel-sel baru.

Dengan kata lain, jogging dapat meningkatkan memori ingatan, berpikir lebih jernih, meningkatkan kemampuan dalam menganalisis, konsentrasi lebih tajam, serta pengelolaan depresi yang baik. 

Kebugaran fisik juga dapat meningkatkan ukuran hippocampus (bagian otak yang terhubung dengan ingatan jangka panjang). Lakukanlah jenis latihan apa pun agar darah Anda mengalir dengan baik. Joging dan renang bisa menjadi pilihan yang tepat, untuk meningkatkan fungsi otak Anda.

Jadi sudah siap punya tubuh sehat dan bugar? Cobalah melakukan jogging pendek selama 15 menit atau 30 menit, berjalan kaki setiap hari.

Kegiatan itu akan memberikan  keajaiban bagi sistem saraf otak Anda, mencegah penuaan, mencegah imobilitas dan meningkatkan aliran darah ke otak menjadi lebih baik. (el/ita)

(pn/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section